Kanal

Wah, Ngecas Mobil Listrik Toyota Tak Perlu Kabel

Radarpekanbaru.com - Era mobil listrik sudah kian dekat. Toyota pun bersiap dengan mengembangkan sistem pengisian baterai mobil yang canggih. Tak perlu pakai colokan kabel alias wireless!

Dalam siaran pers, Toyota mengumumkan kalau mereka sudah mulai mengetes pengisian baterai tanpa kabel untuk mobi-mobil plug in hybrid dan mobil listrik.

Pengisian baterai nirkabel sebenarnya bukan hal yang baru, terutama di industri ponsel. Nah dalam waktu dekat, teknologi serupa bakal diterapkan di otomotif.

Seperti apa sistem pengisian baterai nirkabel ini? Sistem canggih ini cukup sederhana. Ada kumparan penyalur arus listrik yang ditempatkan di tanah di bawah kendaraan.

Sementara untuk menerima arus listrik ada satu lagi kumparan yang disimpan di mobil.

Sistem ini mengirim arus listrik ke baterai melalui resonansi magnetik yang dihasilkan oleh medan magnet antara kumparan di tanah dan kumparan di dalam mobil.

Jadi anda tinggal parkir saja di tempat pengisian nirkabel ini, pastikan kendaraan tepat berada di antara kumparan. Untuk membantu pengendara menempatkan kendaraan di stasiun pengisian baterai nirkabel, Toyota membuat aplikasi parkir khusus.

On-screen display

Dan mobil akan diisi baterainya dalam waktu 90 menit saja. Pengetesan nirkabel ini akan dilakukan di Prefektur Aichi, Jepang akhir Februari dengan menggunakan 3 mobil plug in hybrid.


Parked test car


Pengetesan ini akan mengukur kepuasan pengguna, kemudahan sistem, tingkat kesalahan pengisian baterai dan hal lainnya seperti frekuensi pengisian baterai dan lamanya waktu pengisian.


Resonansi magnetik

Frekuensi

85 kHz

Tegangan awal

AC 200 V

Daya pengisian

2 kW

Waktu pengisian

90 menit
(*)


Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER