Kanal

Ayo Buruan Daftar, Peluang Jadi Relawan Panwaslu Pekanbaru Masih Terbuka

Pekanbaru, (radarpekanbaru.com) - Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Pekanbaru masih membuka kesempatan kepada pemilih pemula, yakni  mahasiswa dan kalangan pelajar serta organisasi masyarakat setempat (OMS) yang ingin menjadi relawan atau duta Panwaslu di Kota Pekanbaru dengan cara mendaftar ke kantor Panwaslu Kota Pekanbaru.

Ketua Pokja Gerakan Sejuta Pengawas Pemilu Kota Pekanbaru Bustami Ramzi, Rabu (5/2/2014), mengatakan pihaknya kini terus membuka kesempatan bagi masyarakat Pekanbaru terutama mahasiswa dan pelajar untuk mendaftar ke sekretariat Panwaslu Kota. ''Disamping kita sudah jalin kerjasama dengan pihak Universitas Riau, UMRI, UIR dan UIN. Kita juga buka kesempatan secara umum. Sebab kita mencari dua ribu relawan untuk Kota Pekanbaru,'' paparnya.


Pihaknya saat ini baru dapat menginventarisir dari empat perguruan tinggi tersebut, yang pekan depan akan dilakukan penandatangan nota kesepahaman bersama di sekretariat Panwaslu Kota jalan Soekarno Hatta Nomor 55. "Memang dari dua ribu yang kita targetkan baru lebih kurang separoh kita dapatkan. Kita harap bagi yang berminat dapat mendatangi langsung Panwaslu kota," imbaunya.


Ditanya mengenai persyaratan, pihaknya menyebut calon pendaftar tidak terlibat partai politik dan memiliki integritas. "Makanya kita prioritaskan dan kita sisir dari kalangan adek-adek kalangan mahasiswa dan pelajar kelas III SMA sederajat dulu," sebut pria yang berprofesi sebagai wartawan ini.


Kemudian calon pendaftar juga tidak terlibat tindak pidana atau tidak sedang dalam menjalani proses hukum. Sehingga netralitas dan kapasitasnya tetap terjaga demi menciptakan pemilu cerdas, pemilu berkualitas pada 9 April mendatang.


Dikatakan Bustami, Target dari program ini adalah terbentuk sejuta relawan secara merata di seluruh Indonesia, terpetakannya dukungan dari setiap stakeholder masyarakat sebagai bentuk pengawasan partisipatif masyarakat, dan munculknya hasil pengawasan yang akurat, baik normatif dalam bentuk kualitatif maupun kuantitatif. (rls)
Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER