Kanal

Sudah Tua, Diskes Bengkalis Bakal Rehab Total Puskesmas Duri

Duri, (radarpekanbaru.com) - Tidak memadainya fasilitas serta ruang pelayanan untuk pasien dan pengunjung di Puskesmas Duri, dikeluhkan masyarakat setempat. Bangunan tua tersebut pun dinilai sudah tidak layak lagi dipertahankan. Karenanya Pemkab Bengkalis melalui pihak terkait didesak untuk segera melakukan rehab total Puskesmas tersebut.

"Beberapa waktu lalu saya dan istri minta rujukan di Puskesmas Duri. Antrian di tempat pendaftaran sangat menyedihkan. Pasien berjubel. Tempat yang teduh hanya dekat loket pendaftaran. Itu pun untuk menghalangi tempias saja. Terpaksalah pengunjung berjejer antri di halaman yang juga difungsikan sebagai tempat parkir. Ruang pelayanan poliklinik dewasa pun sangat miris. Tiga dokter menumpuk dalam ruangan itu bersama tenaga administrasi. Tidak pula ada dipan di sana sebagaimana layaknya sebuah poli," tutur Irawanto, salah seorang warga dan pemuka masyarakat Duri saat berbincang dengan wartawan.

Diakui Irawanto, hingga sejauh ini dirinya belum melihat upaya nyata dari Pemkab Bengkalis untuk membenahi fasilitas guna menunjang pelayanan kesehatan maksimal di Puskesmas tersebut.

"Hendaknya ini tidak diabaikan pihak terkait. Apalagi sebelumnya Bupati pernah mendengungkan bakal memberikan perhatian khusus terhadap Puskesmas yang ada di Negeri Junjungan ini. Tekad itu belum saya lihat di Puskesmas Duri," tambahnya

Terkait keluhan tersebut, Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Kesehatan Kecamatan Mandau Betty Sanusi yang dihubungi kemarin mengaku, pihaknya sudah berupaya semaksimal mungkin melakukan berbagai pembenahan yang bisa dilakukan di Puskesmas tersebut.

"Dibanding sebelumnya sudah jauh lebih lumayan. Kami pun berharap, Puskesmas yang beroperasi sejak tahun 1974 ini dibangun lebih cantik dan besar. Apalagi kunjungan pasien ramai. Rata-rata perharinya mencapai 250 orang," ujarnya.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Bengkalis M Sukri saat dikonfirmasi riauterkini.com mengakui Puskesmas Duri memang belum memenuhi standar untuk mewujudkan pelayanan maksimal bagi sekitar 250 hingga 300 pengunjung setiap harinya. "Sebenarya kami ingin tahun ini ada rehab total atau setidaknya ada penambahan bangunan. Pasalnya, di bagian belakang masih ada tanah kosong. Kami akan ajukan program pengadaan bangunan ini dalam APBD 2014. Mudah-mudahan dapat dukungan Dewan," harapnya.

Anggota DPRD Bengkalis Arwan Mahidin sangat mendukung rencana rehab total Puskesmas Duri tahun ini. "Kita akan perjuangkan pembangunan Puskesmas Duri itu tahun ini juga. Ini kebutuhan mendesak. Dengan jumlah pasien banyak, bangunan yang ada saat ini tidak sesuai lagi dengan standar pelayanan kesehatan untuk masyarakat," tegasnya.(lam/rtc)
Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER