Kanal

Ramli Walid-Irvan Herman, Pasangan yang Diciptakan Oleh Politisi dari Dalam Penjara

RADARPEKANBARU.COM- Kuat dugaan Rusli Zainal masih memainkan peran politiknya dari balik jeruji besi. Mantan Gubernur Riau ini bak seorang "Good Father", meski badan dipenjara namun naluri politiknya dan ambisi berkuasa tak pernah mati dari dalam dirinya.

Khusus untuk Pilkada Kota Pekanbaru, tentunya RZ panggilan akrabnya, tetap ingin memiliki peran dalam setiap moment, mengingat RZ pernah gagal mendudukan istrinya dalam pertarungan politik pilwako di Pekanbaru.

Seolah ingin menebus kekalahan ini, menurut sumber terpercaya RZ akan kembali mendukung jagoannya untuk berebut kursi pekanbaru 1. Namun kali ini bukan lagi istrinya, namun nama Ramli Walid anak pionnya yang akan dipersiapkan maju.

Uniknya deal politik kali ini konon akan memasangkan Ramli Walid (RW) dan Irvan Herman ( IH).

Sebagaimana dikutip dari situs koranriau.net ,salah satunya balon Ramli Walid alias RW yang sudah menunjukan signal yang kuat akan berpasangan dengan Irvan Herman Abdullah.

Indikasi itu terlihat dengan semakin intensnya kedua Balon tersebut baik dalam membangun koalisi untuk mendapatkan dukungan partai maupun posisi masing-masing.

Terkait dukungan politik, kedua partai PKB dan PAN secara prinsif telah memberikan dukungan untuk RW dan Irvan Herman Abdulah berpasangan pada Pilwako Kota Pekanbaru 2017 mendatang.

Selain PKB dan PAN, kedua pasangan balon RW-Irvan Herman Abdulah juga lagi berupaya untuk mendapatkan dukungan Partai Golkar.

Informasi yang didapat, Jumat (26/8), pertarungan untuk mendapatkan Golkar hanya tinggal dua balon lagi yatitu RW yang pernah menjadi Jurkam Golkar tahun 1997 masa kepemimpinnan Herman Abdullah sebagai Ketua Golkar Pekanbaru dengan Destrayani Bibra alias Ide.

Dalam rapat ditingkat DPP Golkar, suara untuk kedua balon tersebut fifty-fifty. Dari enam suara, 3 ke RW 3 suara ke Ide. Karena tidak putus, maka persoalan penetapakan Balon Wako Pekanbaru 2017 dari Partai Golkar dikembalikan keputusannya kepada Ketua Umum Setya Novanto.

Pertanyaannya, siapakah pasangan Balon Walikota Pekanbaru yang akan ditetapkan oleh Setya Novanto? Yang pastinya tentu hanya Setya Novanto dan Tuhan saja yang tahu. Namun dari berbagai analisa, kuat kemungkinan dukungan Partai Golkar akan mengarah kepada pasangan RW dan Irvan Herman Abdullah.

Pertama, secara emosional, antara RW dan Setya Novanto memiliki hubungan yang baik, karena pada tahun 1997, RW pernah menjadi Sekretaris Badan Musyawarah, Kosgoro Riau  tahun 1997 yang waktu itu Setya Novanto sebagai Ketua Umum di DPP Kosgoro.

Kedua, dilihat dari kalkulasi dukungan suara dan politik. Dengan koalisi RW-Irvan Herman, maka dukungan suara dan politik akan lebih kuat, jika dibandingkan kalau  Ide akan berpasangan dengan Irvan Herman Abdullah karena  mereka berasal dari wilayah dan basis suara yang sama.

Ketiga, selain Partai Golkar, RW sudah mendapat dukungan dari PKB. Bahkan secara prinsif PAN pun sudah bersepakat mendukung pasangan RW-Irvan Herman Abdullah.

Keempat, kedua pasangan RW dan Irvan Herman Abdullah sudah membuat pernyataan berpasangan sebagai Balon Walikota dan Balon Wakil Walikota dengan didukung PKB dan PAN, yang menjadi modal bagi mereka berdua untuk mendapat dukungan Partai Golkar.

Namun demikian, meskipun dari berbagai analisa RW dan Irvan Herman Abdullah dimungkinkan merndapat dukungan Partai Golkar. Akan tetapi tidak ada yang dapat memastikan.

Begitulah politik. Ia tidak dapat disamakan dengan air yang mengalir. Sebab dalam tenangpun, tiba-tiba ia bisa bergolak. Kepentingan dan kekuatan, tidak dapat terhindar dari keputusan politik. Oleh karena itu, jika hendak tahu kemana arah Golkar? Tanyakan kan saja pada rumput yang bergoyang! (radarpku/krn)

Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER