Kanal

Ribuan Karung Bawang Selundupan Berhasil Diamankan TNI dari Kodim Dumai

RADARPEKANBARU.COM- TNI Kodim 0320 Dumai menggagalkan penyelundupan bawang merah ilegal asal luar negeri, saat diangkut dua armada truk di ruas jalan lintas Dumai-Pelintung, Senin dinihari.

Komandan Kodim 0320 Dumai Letkol Kav Rendra Andrian Siagian melalui Perwira Seksi Intelijen Kapten Tarman menyebutkan, dua unit truk colt diesel yang diamankan aparat ditemukan membawa 1.000 karung bawang merah asal negara Malaysia.

"Kita amankan seribu karung bawang merah asal Malaysia yang diangkut dua unit colt diesel di jalan lintas Dumai Pelintung," kata Kapten Tarman kepada pers, Senin (1/8).

Dikatakan, dua armada truk pengangkut bawang yang dilarang masuk lewat perairan Dumai tersebut dikemudikan oleh IS (39) dan ER yang merupakan warga Sumatera Barat.

Keberhasilan prajurit Kodim 0320 menggagalkan penyelundupan bawang merah ini berkat informasi masuk yang diterima dari warga dan langsung ditindaklanjuti dengan pengejaran ke lokasi.

"Truk masing masing memuat 500 karung bawang merah yang sebelumnya bongkar di pelabuhan tidak resmi Api-api di Kecamatan Bukit Batu Kabupaten Bengkalis dari satu kapal kayu," terangnya.

Saat dilakukan pemeriksaan, supir truk yang melintas di Kelurahan Mundam Kecamatan Medang Kampai Dumai tidak dapat memperlihatkan dokumen resmi kepemilikan barang, sehingga langsung diamankan.

Keterangan pengemudi truk, bawang merah tersebut milik warga di Jalan Nenas Kecamatan Dumai Barat dan rencana akan dibawa masuk ke Dumai dengan kendaraan bernomor Polisi (Nopol) BA 9544 DN dan BM 9848 RC.

Seluruh barang bukti bawang merah dan dua armada truk pengangkut bawang selanjutnya diserahkan ke pihak Balai Karantina setempat Dumai untuk kepentingan proses hukum lebih lanjut.

Sebelumnya, pada Sabtu (30/7) pekan lalu, patroli laut Pangkalan TNI Angkatan Laut Dumai juga menyita sekitar 12 ton bawang merah ilegal asal Malaysia yang dimuat diatas dua kapal tanpa nama saat melintas di perairan Tanjung Leban Kabupaten Bengkalis.

Danlanal Dumai Letkol Laut Muhammad Risahdi mengatakan, penangkapan bawang selundupan ini berawal dari informasi intelijen yang menyebut ada aktivitas kapal bermuatan bawang akan masuk ke jalur perairan Dumai.

"Selaku aparat penegak hukum di laut kita akan menindak tegas segala bentuk pelanggaran, baik itu penyelundupan bawang atau barang terlarang lainnya," tegas Letkol M Risahdi. (ant)
 

Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER