Kanal

Wisatawan Asing Keluhkan Susah Cari Tempat Berak di Pulau Rupat Riau

RADARPEKANBARU.COM- Sarana umum seperti toilet di kawasan objek wisata Pantai Teluk Rhu Kecamatan Rupat Utara, Kabupaten Bengkalis, Riau, masih minim, sehingga mengganggu kenyamanan wisatawan menikmati pemandangan alam bernuansa eksotis dengan pasir putihnya.
 
"Karena ramai yang mengantri di toilet, saya terpaksa membawa anak saya menumpang toilet rumah penduduk, ini sangat menyusahkan," kata turis Malaysia Herman saat menikmati keindahan pantai, Minggu (16/7).
 
Ia menyebutkan, toilet di objek wisata Pantai Teluk Rhu terlihat hanya satu tempat saja, sehingga pengunjung harus mengantri untuk menggunakan toilet tersebut.
 
Herman yang mengaku berasal dari Melaka, Malaysia ini sengaja datang ke Pantai Rupat Utara untuk menyaksikan festival Pantai Rupat sekaligus ingin menikmati langsung keindahan Pantai Teluk Rhu Rupat Utara tersebut.
 
"Saudara saya yang disini mengatakan bahwa ada festival Pantai Rupat, karena masih momen lebaran, saya dan keluarga kesini untuk melihat langsung," katanya lagi.
 
Bukan hanya wisatawan asing yang mengeluhkan minimnya toilet dilokasi tersebut, wisatawan lokal asal Kecamatan Bengkalis juga mengeluhkan hal yang sama.
 
"Saya terpaksa menumpang toilet rumah penduduk disana, karena banyak yang menggunakan toilet umum," kata warga asal Kecamatan Bengkalis, Farida.
 
Ia mengatakan, dilokasi wisata, toilet tidak bisa hanya satu tempat saja, karena hampir semua pengunjung akan menggunakan toilet, terlebih lagi disaat pesta besar seperti festival pantai rupat yang banyak memancing para wisatawan.
 
Sementara itu, penduduk sekitar yang toilet rumahnya sering digunakan pengunjung mengaku sangat terganggu.
 
"Jelas kita merasa terganggu, tapi kasian juga pengunjung yang kebelet menggunakan toilet, selama mereka masih menggunakan toilet dengan bersih, kita tidak melarang," kata Sarmita, warga yang rumahnya yang dekat dengan pantai tersebut.
 
Sementara itu, selain mengeluhkan minimnya toilet di lokasi wisata itu, pengunjung juga mengeluhkan susahnya jaringan seluler sehingga menyulitkan mereka menghubungi teman dan keluarga.
 
Dari pantauan, toilet di lokasi Pantai Teluk Rhu memang terlihat hanya satu saja, dan akses jaringan seluler juga susah didapatkan, ditambah lagi dengan kondisi jalan menuju lokasi wisata masih tergolong belum sepenuhnya aspal. (ANT)
Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER