Kanal

Sambut Idul Ftri 1437 H, Ribuan Masyarakat Sedinginan Rohil Turun Kejalan

RADARPEKANBARU.COM-Gema takbir menyambut Hari Raya Idul Fitri 1437 Hijriah yang dirayakan oleh umat muslim mulai terdengar di berbagai masjid penjuru‎ kampung-kampung, Alhamdulillah kali ini direportasekan dari Sedinginan, Rohil.

Takbir yang dilantunkan di berbagai pengeras suara masjid di penjuru negri Seribu kubah 'mengutip istilah' atuk Annas Maamun mantan Bupati Rokan Hilir menjemput tuah nama yang telah ia berikan dimasa menjabat. Takbir dikumandangkan menandakan berakhirnya bulan puasa bagi umat muslim yang akan ditutup dengan Salat Id pada pagi esok.

Gema takbir tersebut mulai terdengar usai sholat Isya digelar di berbagai masjid dan mushalla masyarakat mulai ramai melantunkan kalimat takbir menandakan berpisahnya umat muslim pada bulan Ramadhan.

Untuk diketahui, Pemerintah telah memutuskan Hari Raya Idul Fitri 1437 Hijriah resmi digelar pada hari Rabu, 6 Juli 2016.‎ Keputusan tersebut diambil setelah dilakukan sidang Itsbat oleh Kementerian Agama kemarin.

"Tim hisab Rukyat Kemenag menjelaskan hilal berada dibawah ufuk yakni di posisi minus 2 derajat 45 menit, minus 0 derajat 49 menit. Lalu kita konfirmasi ke 90 titik petugas Kemenag yang bekerja di bawah sumpah bahwa tidak ada satu pun yang melihat hilal. Maka puasa digenapkan 30 hari, Idul Fitri jatuh pada Rabu, 6 Juli 2016," ujar Menteri Agama Lukam Hakim Saifuddin, Senin (4/7/2016).

Pantauan di Sedinginan Kabupaten Rokan Hilir, Riau beberapa warga sengaja mempersiapkan diri pada siang harinya dengan memasang lampu colok di sepanjang jalan, malam ini Selasa, 5 Juli 2016, ribuan masyarakat sekitar Sedinginan terpantau turun kejalan sambut Idul Fitri 1437 H dengan takbir keliling, suka cita suara anak-anak dan orang dewasa nyaring terdengar, bersahut- sahutan mengumandangkan gema takbir.

Malam ini Radar Pekanbaru melakukan pemantauan langsung dari Mushalla At-Taubah Bukit Permai di Jalan Utama Kelurahan Sedinginan, ribuan kendaraan roda dua serta roda empat terisi penuh oleh para peserta pawai keliling.

Canda tawa para remaja dengan suara cempreng knalpot sepeda motor juga cukup nyaring terdengar dijalanan, kembang api dan petasan juga turut meramaikan suasana malam takbiran di Sedinginan.

Malam takbiran di Negri seribu kubah Rohil diakhiri degan hujan lebat sebagai penutup Ramadhan di Tahun 2016 , semoga kita semua kembali terlahir menjadi insan yang Fitri sesuai janji allah kepada setiap umat yang telah berpuasa melawan hawa nafsu sebulan penuh. Semoga kita kembali berjumpa pada ramadhan tahun depan 1438 H/2017. Insyaallah. (radarpku)

 

Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER