Kanal

Mantap, Disdukcapil Pekanbaru Janji Perbaiki Pelayanan

Pekanbaru, (radarpekanbaru.com) - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pekanbaru berjanji akan melakukan perbaikan pelayanan di tahun 2014.
 
Mengingat buruknya catatan pelayanan ini dimata  Survey Integritas (SI) pelayanan publik tahun 2013. Berdasarkan hasil SI Pelayanan Disdukcapil salah SKPD di Pekanbaru selain BPT dan Penanaman modal yang memperoleh nilai terendah, sehingga menempatkan kota Pekanbaru pada urutan 56 dari 60 kota yang di survey.
 
Disdukcapil Kota Pekanbaru berjanji akan melakukan evaluasi diawal tahun 2014. Disdukcapil juga akan meningkatkan pelayanan yang selama ini selalu menjadi persoalan di Pekanbaru dalam hal kepengurusan KTP, KK dam AKTE. Demikian Kepala Disdukcapil Kota Pekanbaru, Baharuddin, S. Sos. M.Si saat dikonfirmasi radarpekanbaru.com, Selasa  (7/1/2014).
 
Dijelaskan Baharuddin,  buruknya pelayanan di Disdukcapil berlahan-lahan akan segera diperbaikinya. Evaluasi yang diberikan Disdukcapil kedepan agar pelayanan juga dapat ditingkatkan. "Dari awal saya diangkat menjadi Kadisdukcapil, pelan-pelan saya sudah mulai memperbaiki mana yang menjadi keluhan masyarakat selama ini. Perubahan itu kan tidak akan nampak langsung, intinya bagaimana kita bekerja dengan baik untuk warga," kata Baharuddin.

Baharuddin juga menyebutkan, jika penilaian yang dirilis oleh KPK terhadap rendahnya pelayanan public yang diberikan oleh Disdukcapil sebelum dirinya menjadi Kadisdukcapil.  "Penilaian itu kan sudah lama, mungkin sebelum saya menjadi kepala Disdukcapilnya. Jadi yang paling penting bagaimana kedepannya lebih baik lagi lah," ujarnya.

Ditambahkan Baharruddin, Jika Disdukcapil akan terus melakukan evaluasi terhadap kinerja yang selama ini kurang maksimal dan tidak memuaskan pelayanan public. Baharuddin juga meminta, untuk meningkatkan mutu pelayanan di Disdikcapil, masyarakat dapat melengkapi syarat-syarat yang harus dipernuhi jika ingin mengurus KTP, KK atau Akte.

"Kita akan terus melakukan evaluasi kedepannya. Saya juga meminta kepada masyarakat untuk membantu kinerja disdukcapil, mana yang akan diurus, segala sesuatunya mohon dilengkapi juga. Jangan karena tidak lengkap, trus di Disdukcapil kita tolak, nantinya menjadi masalah,” pinta Bahar.

Masih dikatakan Mantan Kepala Kesbangpolinmas,  setiap harinya, Disdukcapil akan terus memantau Unit Pelayanan Terpadu Daerah (UPTD) di seluruh kecamatan. Selain memantau UPTD, Disdukcapil juga terus berkoordinasi dengan camat dan lurah untuk meningkatkan pelayanan dalam hal kepengurusan KTP.

"Data yang paling utama itu kan dari lurah dan camat. Jadi keharmonisan yang paling utama, apalagi kita kan membawa nama pemerintah. Disdukcapil dengan camat, lurah, RT/RW juga bekerjasama dan saling berkoordinasi untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat pekanbaru dengan baik," terang Bahar lagi.

Dijelaskan Bahauddinr, citra yang buruk di pelayanan dan kinerja Disdukcapil pelan-pelan akan mulai dihapuskan dan akan disesuaikan dengan SOP nya. "Saya ingin merubah citra disdukcapil yang dianggap belum memberikan pelayanan yang baik. Makanya kami akan evaluasi dari sekarang. Kita juga berikan data yang trasnsparan kepada media agar semuanya bisa diekspos dalam hal pemberitaan dan birokrasi yang rumit atau bertele-tele akan dicoba dipangkas menjadi satu pintu, " pungkas Baharuddin. (ramli)

Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER