Kanal

Manntap,,Mahasiswa ITB Juarai Debat Internasional

Chennai, (radarpekanbaru.com) - Dua mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB); Fauzan Reza Maulana dan Vicario Reinaldo, meraih prestasi tingkat dunia dengan menjuarai lomba debat antaruniversitas untuk kategori "Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing" di awal tahun ini.

Prestasi ini adalah yang pertama bagi Indonesia untuk bisa menjuarai salah satu kategori di World Universities Debating Championships, atau Lomba Debat antar Universitas di Dunia, yang tahun ini diselenggarakan di Chennai, India.

Di final ajang yang digelar dari 26 Desember 2013 sampai 4 Januari 2014 ini, dua mahasiswa yang mewakili tim ITB A mengalahkan University of Warsaw A, New Economic School A dari Rusia dan tim Eberhard Karls University Tubingen A dari Jerman.

Wakil Indonesia itu meraih final dengan berada di peringkat terakhir dari empat finalis, namun terbukti mampu tampil memukau dan merebut trofi. Topiknya adalah "This House Believes That Multinational Companies Should Be Liable for Human Rights Abuses That Occur Anywhere in Their Supply Chain", atau kurang lebih"kami percaya bahwa perusahaan-perusahaan multinasional (PMN) bisa dihukum akibat pelanggaran hak akasi manusia yang terjadi di mana pun di jaringan pasokan mereka"

Strategi mereka adalah langsung menyerang kesalahan dari sisi kebijakan pemerintah yang membuat hubungan PMN dan jaringan pemasok outsourcing mereka menjadi seperti sekarang ini.

Selain dua mahasiswa ITB itu, mahasiswa asal Indonesia Stevensen Chen menduduki peringkat enam sebagai penceramah terbaik perorangan kategori yang sama, namun dia mewakili Hitotsubashi University, Jepang. (lam/rac)

Editor : Ahmad Adryan
Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER