Kanal

Ketua DPW PJI Riau : Dalam Konteks Membangun Daerah Pers Adalah Mitra Pemerintah

RADARPEKANBARU.COM-Pers sesungguhnya adalah mitra pemerintah ,sebagai wadah rakyat untuk menyuarakan saran dan masukan bagi perkembangan pemerintah daerah. Tidak hanya itu saja, rekan-rekan pers juga berkontribusi terhadap pemerintah dalam memajukan pembangunan di Riau.

Salah satu modal dasar dan faktor dominan dalam pembangunan sebuah pemerintah adalah partisipasi dan komunikasi, oleh karenanya diskusi public dan seminar nasional yang diselenggarakan hari ini menggambarkan maksud dan keinginan semua pihak untuk terus mengembangkan silaturahmi serta komunikasi diantara seluruh stakeholder, khususnya antara Pemeritah dan Komunitas Pers yang ada di Riau untuk terus bersama-sama membangun bumi lancang kuning yang kita cintai ini.

Demikian diungkapkan Ketua DPW  Persatuan Jurnalis Indonesia (PJI) Provinsi Riau, Khairuddin Al Young Riau SHI M.Ag, dalam seminar nasional, Kamis (19/5/16) lalu.

“Saya menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada panitia yang telah menyelenggarakan diskusi dalam seminar nasional ini. Karena diskusi ini selain untuk memperkuat silaturahmi dan interaksi diantara kita, juga dapat kita manfaatkan untuk melakukan dialog pembangunan, menggagas inisiatif-inisiatif baru guna menghadapi tantangan pembangunan yang cendrung semakin kompleks,”ujar Young Riau.

Lebih lanjut Young Riau menilai komunitas Pers merupakan mitra kerja Pemerintah, alat control social, sekaligus media komunikasi kepada masyarakat. Semua itu harus terus disinergikan sehingga menjadi kekuatan besar dalam sebuah pembangunan darah. Tidak hanya sampai disitu saja, keberadaan rekan-rekan pers sebagai control social perjalanan pembangunan juga menjadi salah satu modal social bagi kesuksesan pembangunan yang diselenggarakan.

”Saya harap rekan-rekan pers di Riau akan seterusnya menjadi mitra konstruktif bagi Pemerintah , sehingga kita tidak hanya mampu memberikan informasi yang sehat bagi masyarakat, namun informasi yang kita sampaikan juga mampu membawa semangat dan optimisme yang besar bagi masyarakat Riau terhadap pembangunan daerahnya,”harap Khairuddin Al-Young Riau.

Sementara itu Ketua DPP PJI, Basynursyah PSi MM. mengaku sangat mendukung sinergitas yang telah terbangun antara Pemrov Riau dengan para Wartawan, dengan adanya sinergitasnya ini diharapkan dapat mempercepat pembangunan kota yang dampaknya meciptakan kesejahteraan bagi masyarakat Riau.

“saya harapkan sinergitas antara Pemerintah dengan wartawan dapat terus ditingkatkan guna mempercepat pembangunan,”harap Basynursyah.

Sebelumnya Abu Nazar  Riau selaku moderator seminar yang didampingi sekeretaris panitia Zainal Bahri , mengatakan kegiatan ini terdiri dari 3 agenda diantaranya semianar nasional, diskusi public, dan dalam rangka memperingati hari Pers Nasional sekaligus Pelantikan DPW PJI Riau.

Seminar dengan tema "Kupas UU Pers No.40 Tahun 1999 Dan Perlindungan Hukum Para Jurnalis Dalam Menjalankan Tugas Jurnalistik", dikupas tuntas oleh kedua narasumber ketua DPP PJI Pusat dan Ketua DPW PJI Riau ini.

Menurut Basynursyah pers harus menyajikan dalam pemberitaan yang benar, komprehensif dan cerdas, pers dituntut untuk selalu akurat, dan tidak berbohong.

"Dalam ukuran masyarakat sederhana, kebenaran akan dicari dengan cara membandingkan pemberitaan dalam pers dengan informasi dari sumber-sumber lain, sementara dalam masyarakat modern, isi pemberitaan pers dianggap merupakan sumber informasi yang dominan, sehingga pers lebih dituntut untuk menyajikan pemberitaan yang benar", tuturnya. (radarpku)

Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER