Kanal

Kereta Kabel Desa Tanjung, Alternatif Pengembangan Pariwisata Desa

RADARPEKANBARU.COM-Ada yang unik ketika bertandang ke Desa Tanjung, Koto Kampar Hulu Kabupaten Kampar, diatas derasnya aliran anak sungai kampar terdapat alat transportasi yang diberi nama "Kereta Kabel".

Kereta kabel yang dibuat dari Besi, kayu dan papan ini ditarik dengan menggunakan mesin motor dan aman untuk mengangkut 4-6 orang penumpang.

Tokoh Masyarakat Desa Tanjung, Imbal kepada radarpekanbaru.com mengatakan, ide kereta kabel tersebut berawal ketika melihat mesin motor yang telah lama tidak terpakai, lalu ia dan kawan-kawan berinisiatif menciptakan alat transportasi tersebut untuk kepentingan masyarakat. "Ini mesin sudah 3 tahun tak terpakai, lalu saya konsep untuk dijadikan penggerak alat transportasi kereta kabel dibantu oleh kawan-kawan lainnya yang ahli dibidang masing-masing" terang Imbal Minggu, 15 Mei 2016 di Desa Tanjung.

Masih menurut Imbal, selain untuk memudahkan aktivitas warga Desa Tanjung, Kereta Kabel yang baru diresmikan oleh Kepala Desa Tanjung 1 Mei 2016 lalu ini juga sebagai bentuk pengembangan pariwisata Desa Tanjung. "Kereta Kabel ini juga diharapkan mampu memepermudah wisatawan yang akan menyambangi objek wisata Air Terjun Panisan" tuturnya.

Ditempat terpisah, Kepala Desa Tanjung Sutomi mengatakan, setiap minggunya tidak kurang dari 1000 wisatawan mengunjungi Desa Tanjung baik yang mengunjungi Air terjun Panisan maupun wisata Air Sungai Kopu yang terkenal keindahannya.
"Kereta Kabel ini telah menjawab keluhan wisatawan selama ini, akses menuju objek wisata khususnya Air Terjun Panisan kini semakin mudah dijangkau" sebut Tomi melalui pesan singkatnya (16/5).

Berdasarkan informasi yang dirangkum radarpekanbaru.com, pembuatan Kereta Kabel ini tanpa campur tangan pemerintah alias modal pribadi. Sumber dana yang didapat yakni dari sumbangan beberapa donatur dan hasil peminjaman melalui bank. (Erik)
 

Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER