Kanal

Geliat Bisnis Traveling- Arus Balik Libur Panjang, Harga Tiket Pesawat ke Pekanbaru Meroket

RADARPEKANBARU.COM - Sejumlah maskapai tawarkan harga tiket tinggi bagi calon penumpang pesawat jelang arus balik liburan pekan ini yang jatuh hari ini dan kembali menuju Kota Pekanbaru, Provinsi Riau untuk melakukan aktifitas seperti biasa.
         
Pantauan pada sejumlah travel atau biro perjalanan di Pekanbaru,dari hari Sabtu, rata-rata operator transportasi udara membuka harga tinggi terutama untuk rute penerbangan di bawah satu jam atau rute yang masih dilayani satu maskapai domestik dan internasional.
         
"Seperti rute Medan-Pekanbaru, Citilink dan NAM Air buka harga di atas Rp1 juta per orang. Sedangkan rute Batam-Pekanbaru, dari lima kali frekuensi terbang setiap hari dilayani dua maskapai, dinyatakan penuh," ujar karyawati salah satu travel, Rika.
         
Dia jelaskan, rute Bandung-Pekanbaru dilayani dua frekuensi terbang oleh dua operator di Bandara Intenasional Sultan Syarif Kasim II, Pekanbaru, AirAsia membuka harga Rp1,64 juta lebih per orang.
         
Rute domestik Surabaya-Pekanbaru pergi pulang satu kali setiap hari masih dilayani maskapai Citilink dengan harga Rp2 juta lebih per orang, sedangkan rute Yogyakarta-Pekanbaru dinyatakan penuh.
         
"Rute internasional Kula Lumpur-Pekanbaru dilayani AirAsia, untuk esok dinyatakan penuh. Sedangkan rute Singapura-Pekanbaru dilayani Jetstar di buka pada harga Rp2,95 juta lebih per orang," katanya.
         
Dian Sari, karyawati travel lain mengatakan, saat momen libur panjang yang terjadi seperti pekan ini selama empat hari, dimanfaatkan oleh maskapai untuk menutupi biaya operasional ketika musim sepi penumpang.  
    
"Pada hari biasa untuk tiket rute Pekanbaru-Medan atau sebaliknya dijual rata-rata seharga Rp300 ribu per orang, tapi saat ini karena ada libur panjang jadi mahal. Begitu juga dengan rute Batam-Pekanbaru," terangnya.
         
Dia berujar, harga tiket maskapai naik di Pekanbaru menjadi drastis, terutama di dominasi oleh daerah atau negara yang memiliki tujuan destinasi wisata terdekat.
         
Sebab untuk rute Pekanbaru-Jakarta pergi pulang terjadi kenaikan, akan tetapi tidak begitu signifikan dari biasanya sekitar Rp400 ribu menjadi Rp500 ribu per orang.
         
"Momen-momen seperti ini membuat maskapai menaikkan harga tiket dengan rute terdekat atau memiliki destinasi wisata," ungkap Diana.
         
Otoritas Bandara Intenasional Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru menyebutkan terjadi lonjakan penumpang pesawat udara baik pergi maupun tiba sekitar 1.000 orang per hari.
         
"Arus penumpang baik terminal kedatangan atau keberangkatan kalau hari biasa 7.500 orang, tapi kini sekitar 8.500 orang per hari," kata Airport Duty Manager Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II, Ibnu Hasan. (ant/radarpku)

Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER