Kanal

Rusuh di Terantang, PTPN V Minta Selesaikan Polemik di Internal Koperasi

RADARPEKANBARU.COM - Kerusuhan di Desa Terantang Kecamatan Tambang, Sabtu (23/4/2016) lalu, mendapat perhatian PT Perkebunan Nusantara V selaku bapak angkat Koperasi Iyo Basamo. Namun perusahaan plat merah ini menyerahkan penyelesaian konflik sepenuhnya kepada koperasi.

Humas PTPN V Friando Panjaitan menyayangkan kerusuhan yang berujung aksi pembakaran kantor dan barak pekerja koperasi tersebut. Menurut dia, kerusuhan itu semestinya tidak terjadi apabila semua pihak saling menahan diri.

Ia berharap, kerusuhan dapat berakhir dan tidak terulang lagi. "PTPN V meminta semua pihak bertikai untuk saling menahan diri," kata Friando, sebagaimanan dikutip Radar  dari situs www.tibunpekanbaru.com, Senin (25/4/2016).

Friando juga meminta pihak bertikai di internal koperasi menyelesaikan kekisruhan secara arif dan bijaksana. Terkait kerugian yang timbul akibat pembakaran, ia menyatakan, hal itu kewenangan koperasi mengatasinya. Menurut dia, perusahaan tidak bisa terlalu ikut campur dalam persoalan internal koperasi.

Sebelumnya, Rapat Anggota Luar Biasa (RALB) telah digelar, 11 April 2016 lalu. RALB memilih Hendrizal sebagai pengganti Hermayalis yang dinilai banyak melanggar aturan di internal koperasi.

Ikhwal hasil RALB tersebut, Friando tidak mempersoalkannya. Ia menyatakan, pihaknya bekerja sama dengan pengurus mana pun asal pembentukannya sesuai aturan. "Tentunya pengurus yang diakui Dinas Koperasi," pungkasnya.  (*)

Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER