Kanal

Pertama di Indonesia, PT Cocomas Kabupaten Indragiri Hilir Produksi Minuman Es Doger Kemasan

RADARPEKANBARU.COM- Sukses memasarkan produk santan merek Cocomas dan Bumas serta minuman air kelapa merek Cocomas ORI di seluruh Indonesia, Grup Cocomas terus melakukan inovasi aneka produk berbasis kelapa. Salah satu langkah terobosan paling baru yang dilakukan perusahaan ini yaitu dengan menghadirkan produk minuman kelapa rasa Es Doger merek Cocomas.

Managing Director PT Cocomas Indonesia (prinsipal pemasaran produk Cocomas dan Bumas), Isman Budiman, mengatakan, produk ini mulai dipasarkan perdana secara nasional pada Maret 2016 di pasar modern melalui jaringan Indogrosir dan Indomaret serta mini market lokal dan General Trade melalui PT Atri Distribusindo (prinsipal penjualan dan distribusi produk Cocomas dan Bumas) .

"Kehadiran Es Doger sebagai minuman Ready To Drink sangat diminati konsumen. Apalagi produk ini merupakan yang pertama untuk kategori minuman Es Doger dalam kemasan. Penjualan produk ini langsung meroket, dimana sempat terjadi kekosongan barang pada sebagian besar outlet Indogrosir dan Indomaret," ujar Isman, di Jakarta, Jumat (15/4) pagi.

Isman mengakui, gagasan awal memperkenalkan minuman kelapa Es Doger dalam kemasan praktis yaitu agar minuman khas Indonesia dapat lebih dikenal luas oleh seluruh lapisan masyarakat. "Kita juga menginginkan produk ini bisa menjadi salah satu ciri khas kebanggaan kuliner Indonesia di manca negara, mengingat saat ini cukup sulit menemukan minuman Es Doger yang dijual bebas di pasaran," kata dia.

Es Doger

Biasanya, lanjut Isman, kita baru berkesempatan minum Es Doger kalau menghadiri undangan pernikahan atau acara-acara berkumpul lain seperti syukuran, reuni, dan arisan. "Segmen pasar produk ini, membidik terutama kalangan kawula muda, walaupun ternyata banyak juga orang dewasa yang menyukainya," tambah Isman.

Menurut Isman, produk minuman kelapa Es Doger Cocomas diproses secara higienis tanpa bahan pengawet dengan teknologi UHT (Ultra High Temperature) menggunakan kemasan Tetra Pak, sehingga aman dikonsumsi kapan saja dan di mana saja dalam jangka waktu 1 tahun selama kemasan belum dibuka. Saat ini, lanjut dia, kemasan minuman kelapa Es Doger yang tersedia di pasaran adalah volume 250 ml untuk sekali minum.

"Selain dapat diminum langsung dan lebih nikmat dalam keadaan dingin, minuman kelapa Es Doger Cocomas yang dijual dengan harga eceran tertinggi Rp 5.500 per pack ini, juga dapat dibekukan di kulkas dan disajikan dalam bentuk es serut tanpa atau dengan tambahan bahan pelengkap seperti tape, ketan hitam, dan buah, sesuai selera," tambahnya.

Penetrasi Pasar

Minuman kelapa Es Doger Cocomas sendiri, kata Isman, diproduksi oleh pabrik kelapa terpadu PT Inhil Sarimas Kelapa yang berlokasi di Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau. Pabrik ini, lanjut dia, memiliki kapasitas olah sebanyak dua juta butir kelapa per hari.

"Untuk penjualan minuman kelapa Es Doger Cocomas tahun 2016 ditargetkan rata-rata 150.000 karton per bulan dan akan ditingkatkan menjadi rata-rata di atas 200.000 karton per bulan pada tahun 2017," jelas Isman.

Untuk memperluas distribusi, lanjut dia, Es Doger Cocomas melalui PT Atri Distribusindo akan melakukan penetrasi pasar secara intensif pada berbagai saluran distribusi (General Trade, Modern Trade, dan Horeka) sehingga produk ini benar-benar mudah dijumpai konsumen yang membutuhkan.

"Kami akan terus berusaha mendekatkan produk ini ke konsumen," tambah Isman.

Feriawan Hidayat/FER

BeritaSatu.com
 

Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER