Kanal

Bos Harian Info Riau Deklarasi Maju Sebagai Calon Ketua SPS Riau

RADARPEKANBARU.COM- Jelang Musyawarah Cabang (Muscab) IV Serikat Perusahaan Pers (SPS) Riau, salah satu agendanya adalah memilih ketua baru.

Dapat dipastikan sejumlah kalangan pengusaha media akan unjuk kebolehan berebut kursi jabatan prestisius yang akan di tinggalkan Dr.Syafriadi mengingat segera berakhirnya massa keperusan tahun ini.

Salah seorang diantaranya Saidul Tombang Bos Media Info Riau memberanikan diri menyatakan maju, ditandai dengan adanya deklarasi hari ini di Tiaz Grill Cafe Jalan Sumatera Pekanbaru, senin (28/3).

"Saidul adalah salah seorang kandidat pertama yang telah mendeklasrikan dirinya", kata Mohd Hasbi Bustami ketua panitia Muscab IV SPS Riau.

Menurut Hasbi Dewan Pimpinan Pusat SPS menetapkan pelaksanaan Musyawarah Cabang IV Serikat Perusahaan Pers (SPS) Riau pada Kamis, 7 April 2016.

Penetapan itu disampaikan SPS melalui surat bernomor 19/II/2016/LXX tanggal 22 Februari kepada Ketua SPS Cabang Riau, Dr. H. Syafriadi, SH., MH. Surat tersebut diteken langsung oleh Ahmad Djauhar dan Heddy Lugito selaku ketua harian dan Sekretaris Jendral.

Ada beberapa Pimpinan Perusahaan media menyatakan siap maju memimpin SPS Riau 2016-2020 ini.

"Selain Saidul Tombang yang lebih awal mendeklarasikan diri, ada sejumlah nama lain yang muncul dan masuk bursa, diantaranya  Sutrianto mewakili Riaupos Group, Ahmad Marutulius dari Media Harian Riau Pesisir , selanjutnya Yusrizal Koto dari Harian Vokal" tutur Hasbi.

Masih menurut hasbi, dalam muscab SPS Riau kali ini akan di ikuti oleh 29 Pemilik suara.

" Ada 29 Anggota pemilik suara yang terdaftar di SPS, mereka inilah yang akan menentukan siapa ketua SPS dimasa akan datang" jelasnya.

Dari Pantauan Radar Pekanbaru di lokasi deklarasi lantai dua Tiaz Grill Cafe Pekanbaru, terlihat hadir Hermanto Ansam (dari Goriau.com), Abdul Hakim (Media Buser Metro), Faisal Sikumbang (Riau Pesisir), dan sejumlah Owner Media di Riau.

 

 
Saidul Tombang menyatakan kesiapan maju untuk memimpin SPS Riau,berbekal pengalaman 20 tahun di media, memulai karir merangkak dari menjadi Wartawan, redaktur dan berkali-kali menjadi pimpinan redaksi di Media terbesar di Riau, diantaranya Riaupos Group.

Baginya maju menjadi pimpinan SPS Riau adalah sebuah pengabdian.

"Saya adalah praktisi media tulen , kalau boleh mengutip dari apa yang di ungkapkan sahabat saya Bunyana,ST (Direktur Radar Indomedia Pers), sekiranya diiris tubuh saya dan mengalir darah, maka darah yang mengalir itu keluar darah dengan bertulisan koran, karena darah saya darah media, hampir separoh hidup saya di dedikasikan untuk media " Ujar mantan Pemred Harian MX ini.

Tentu spritnya SPS kedepan harus lebih baik dari sekarang, namun yang terpenting tentunya melanjutkan pencapaian gemilang yang dilakukan para ketua terdahulu Pak Rida dan Dr.Syafriadi.

"Saya juga telah meminta dukungan kepada Syafriadi untuk maju, beliau mempersilahkan saya maju" kata saidul.

Salanjutnya Saidul juga mengaku sudah sowan ke Senior-senior media di Riau, seperti pak Rida K Liamsi , pak Makmur dan juga telah berkomunikasi dengan para pemilik suara.

"SPS kedepan hendaknya lebih kuat, bukan organisasinya saja, tetapi juga bagaimana Perusahaan pers yang tergabung dengan SPS semakin kuat," kata Saidul yang juga pernah menjabat Pemred di Harian  Pekanbaru Pos ini.

Persolan nasib perusahaan pers di Riau sekarang sangat memperihatinkan, kita ketahui selama ini media banyak tergantung dengan APBD , sementara APBD sekarang sangat minim depesit adanya pengurangan dana bagihasil sektor migas.

"Kita ingin bagaimana perusahaan media kedepan yang tergabung di SPS tidak hanya tergantung kepada sumber dana APBD , kita akan membangun jaringan jaringan untuk menghidupkan bagaimana Perusahaan pers ini berkembang dan tidak hanya bergantung ke pemerintah, salah satu upaya kita akan melakukan kegiatan pelatihan yang akan dipandu oleh praktisi media , fokus pada mencari solusi terhadap eksistensi media mencari alternatif lain di samping kerjasama dengan pemerintah" katanya

Kedepan kita juga akan berikan hak keanggotaan terhadap pelaku usaha pers untuk bergabung di SPS, melanjutkan yang telah dilakukan oleh Syafriadi yang sekarang sudah terdaftar 29 Perusahaan yang tergabung di SPS Riau.

"Akan mempermudah pendaftaran perusahaan Pers agar mereka tidak liar dan agar kita bisa bersama-sama membesarkan SPS, dengan catatan perusahaan pers tentunya kita akomodir namun sesuai dengan aturan yang ada"  ujar Saidul.

Dengan Bismillah Saidul Tombang menyatakan diri maju mencalonkan diri menjadi Ketua SPS Riau.

"Bismillahirohmanirrohim saya Saidul Tombang, dihadapan rekan semua dan di saksikan para wartawan dengan ini menyatakan maju menjadi ketua SPS Riau" tutup Saidul pria kelahiran Danau Bingkuang ini. (radarpku)

Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER