Kanal

Buka Muswil KAHMI Riau, Plt Gubri Singgung Pendatang Sebabkan Karlahut

RADARPEKANBARU.COM - Pelaksana Tugas Gubernur Riau (Gubri) pada kegiatan Musyawarah Wilayah ke IV Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) provinsi setempat menyinggung isu yang menyebabkan kebakaran lahan di Provinsi Riau

"Pertambahan penduduk karena tingkat migrasi yang tinggi di Riau menjadi penyebab lain dari kebakaran lahan," ujar Plt Gubri, Arsyadjuliandi Rachman, Sabtu (26/3).

Menurutnya angka penduduk saat ini sudah mencapai 6,3 juta dengan angka yang demikian besar maka persoalan sosial pun bertambah.

"Tingkat migrasi di Riau cukup tinggi dan ada kecenderungan motivasi orang tersebut adalah untuk berkebun disini sehingga pembukaan lahan tidak dapat dihindarkan," jelasnya.

Keinginan berkebun itulah yang mendorong orang untuk melakukan pembukaan lahan apakah dengan membakar atau menebang hutan.

"Oleh sebab itu ada korelasi antara pertambahan peduduk dengan pembakaran lahan yang berdasarkan keinginan memiliki tempat matapencaharian yaitu melalui berkebun," terangnya.

Ia menambahkan Riau memang terkenal dengan daerah perkebunan oleh sebab itu orang dari daerah lain berbondong-bondong datang untuk berkebun.

Selain itu Riau memiliki potensi daratan yang sangat luas sehingga cocok untuk dijadikan daerah perkebunan.

"Dengan potensi demikiam Riau memiliki peluang investasi yang tinggi dengan tingkat resiko yang cukup tinggi pula terutama terkait dengan kelestarian lingkungan hidup," ucapnya. (Ant)

 

Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER