Kanal

Horee, Disdukcapil Rohul Beri Bonus Rp 100 Ribu

PASIR PANGARAIAN, (radarpekanbaru.com) -Tingkat pengurusan akte Kematian di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Rohul saat ini masih rendah,dan untuk meningkatkan minat masyarakat, bagi yang mengurus akte kematian diberikan bonus Rp 100 ribu setiap orangnya.
 
Informasi Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Rohul, Drs Yusmar M,Si, Minggu (28/12/2013), bahwa program tersebut mulai diterapkan pada 2014 mendatang, setelah APBD Rohul disahkan DPRD kemungkinan bisa diterapkan Bulan Februari tahun depan.
 
Kata Yusmar lagi, itu bentuk kepedulian terakhir dari Pemkab Rohul terhadap warga sudah meninggal dunia,  ini juga diambil karena masih minimnya minat masyarakat mengurus akte kematian terhadap anggota keluarganya. Padahal, Kata Yusmar akte kematian ini sangat penting seperti untuk ahli waris, klaim asuransi dan kedudukan anak.
 
Ungkap Yusmar yang juga mantan Kabag Humas Setdakab Rohul, pemberian itu juga sebagai langkah penertiban Administrasi Kependudukan (Adminduk) di Rohul, meski berbagai sosialisasi sudah dilakukan, namun kesadaran masyarakat masih sangat rendah.
 
Diakuinya lagi, sepanjang tiga tahun terakhir, Disdukcapil Rohul baru mengeluarkan akte kematian sekitar 240 lembar terdiri pada tahun 2011 hanya 12 orang, 2012 sekitar 24 orang, dan 2013 meningkat menjadi 204 orang, akte kematian ini sangat mempengaruhi Adminduk seperti untuk penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) pemilu dan Pilkada, kegiatan ini sudah menjadi program nasional.
 
''Sampai saat ini, belum juga mengetahui jumlah angka kematian secara pasti di 16 kecamatan, sebab angka pengurusannya masih sangat rendah, Sedangkan angka kematian di 16 kecamatan per minggu atau per bulan kami juga belum mengetahuinya, makanya kami ada rencana untuk menggandeng Kepala Desa dan Ketua RT serta Ketua RW,'' ucap Yusmar.
(drw/hrc)

Editor : Alamsah
Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER