Kanal

Datuk Rajo Penghulu 13 Koto Kampar Sebut Jabatan Pucuk Andiko Untuk Jefry Sudah Benar

RADARPEKANBARU.COM- Prokontra terkait gelar pucuk andiko yang disandang oleh Jefry Noer selaku Bupati Kampar membuat situasi politik memanas di Kampar. Hal inilah yang memaksa Masnur Datuk Rajo Penghulu 13 Koto Kampar angkat bicara.

Menurut datuk yang satu ini gelar yang disandang oleh Jefry Noer selaku Pucuk Andiko sudah benar karena gelar itu hanya bersifat gelar kehormatan.

"Gelar Itu sudah betul, sebagai bentuk kearifan lokal yang mengangkat Pemimpin Negeri dalam sudut pandang pucuk pimpinan payung negeri" katanya.

Menurut Masnur Gelar itu hanya bersifat sementara selama ia masih menjabat Bupati Kampar dan seterusnya akan di sandang lagi oleh Bupati dimasa akan datang.

"Ini merupakan bentuk gelar kehormatan dan sama seperti yang diberikan kepada Rusli Zainal sebagai gubernur dimasa itu dan diberi Gelar Datuk Setia Amanah Oleh LAM Riau" katanya.

Ditanyakan kepada masnur apa dasar penggangkatan Jefry selaku pucuk andiko ? Masnur mengatakan adalah kesepakatan Ninik Mamak yang bernaung di Lembaga Adat Kampar.

"Itu nanti harus di resmikan oleh LAK , jika sudah di sahkan LAK maka selesai semua" katanya.

"Perlu di ingat ini hanya sebuah jabatan kehormatan, tidak permanen" tegasnya. (radarpku)

Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER