Kanal

Mengintip Keunikan Fauna Dan Flora Hutan Perawan Kerumutan

RADARPEKANBARU.COM-Potensi wisata hutan di Kabupaten Pelalawan, Riau, belum banyak dikenal masyarakat luas baik wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Padahal, ada sejumlah keindahan dan keunikan yang tidak bisa ditemui di daerah lain bahkan belahan dunia lain.

Kecamatan Kerumutan, dengan luas wilayah 96.003,66 Ha dapat ditempuh dengan kendaraan melalui jalur darat dari Pangkalan Kerinci, selama kuran lebih 2,5 jam perjalanan melalui jalan tanah berbatu.

Namun, untuk menuju daya tarik wisata tersebut, melalui jalan sungai dari Teluk Meranti akan lebih ideal. Daya tarik utama yang ada di kecamatan ini adalah Hutan Suaka Marga Satwa Kerumutan.

Letak Suaka Marga Satwa Kerumutan ini berada di Kecamatan Kerumutan dan dapat ditempuh dengan jalan sungai menggunakan pompong dari Teluk Meranti selama kurang lebih satu jam.

Untuk menikmati indahnya Suaka Marga Satwa Kerumuatan, sebaiknya dilakukan dengan cara menyusuri Sungai Kerumutan yang membujur dari arah Barat menuju Timur. "Waktu ideal untuk menyusuri sungai pada pagi hari, sekitar jam 07.00" kata Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga, Kabupaten Pelalawan, Zulkifli, kepada wartawan Minggu, 3 Jauari 2016.

Diungkapkan Zulkifli, luas hutan lebih kurang 93.222.20 Ha merupakan hutan perawan yang ditumbuhi beraneka macam pepohonan dan hewan yang dilindungi. "Deretan flora tropikal yang beragam dan fauna yang bermacam dapat ditemukan di hutan tersebut" tuturnya.

Zulkifli menambahkan, flora unik yang ada dintaranya Meranti, Punak, Perupuk, Nipah, Rengas dan Pandan.

"Beberapa fauna unik diantaranya Harimau Sumatera, Beruang Madu, Enggang, Monyet, Kuntul Putih, Ikan Arwana, Owa dan Itik Liar" tukasnya. (*)

Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER