Kanal

Pelalawan Lokasi Terparah Kebakaran Hutan dan Lahan

RADARPEKANBARU.COm - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Pekanbaru Kamis (30/7) pagi merilis ada 186 hotspot tersebar di 8 daerah di Riau, dimana Pelalawan menjadi lokasi terparah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).
    
Kepala BMKG Kota Pekanbaru, Sugarin mengatakan, hotspot memang tak hanya terdapat di Riau, tetapi juga di sebagian Provinsi di Pulau Sumatera, seperti di Jambi, Bengkulu, Sumut, Sumbar, Lampung dan Sumsel.
    
"Informasi hotspot hingga pukul 07.00 wib tadi, jumlah titik panas di Riau mencapai 186 titik. Terbanyak di Kabupaten Pelalawan yaitu ada 60 titik," ujarnya.
    
Rinciannya Dumai 6 titik, Bengkalis 5, Inhil 45, Inhu 54, Kampar 3, Kuansing 2, Pelalawan 60, dan Siak 11 titik. Secara umum kondisi cuaca di Wilayah Riau Cerah Berawan disertai kabut asap tipis pada pagi dan malam hari. Peluang hujan ringan tidak merata di wilayah Riau bagian utara dan timur pada sore dan malam hari. Sedang angin secara umum bertiup dari arah Timur Laut hingga Tenggara dengan kecepatan 05 - 15 knots (09 - 29 km/jam).
    
"Akibat kebakaran lahan dan hutan ini, kota Pekanbaru sampai pagi ini masih terselimuti kabut asap dengan jarak pandang hanya 800 meter. Sementara kota lain seperti Dumai, Pelalawan dan Rengat, jarak pandang masing-masingnya 5 Km, 3 Km dan 4 Km," jelas Sugarin. (radarpku)

Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER