Kanal

Terminal Agrobisnis Gerbang Utama Produk Pertanian Riau

RADARPEKANBARU.COM - Secara geografis Kota Dumai terletak pada 1o 23' 00" - 1o 24' 23" Bujur Timur dan 101o 23' 37" - 101o 28' 13" Lintang Utara yaitu di Bagian Tengah Kawasan Pantai Timur Sumatera. Wilayah Kota Dumai terdiri 7 kecamatan dan 33 kelurahan dengan daerah seluas 1.727,38 Km2, dan merupakan salah satu kota di wilayah Propinsi Riau.

Kota Dumai mempunyai posisi strategis, karena letaknya dilalui oleh jalan lintas Sumatera dan dekat dengan pusat pasar baik lokal maupun internasional.

Disamping itu daya dukung sumber daya dan fasilitas yang telah ada seperti pelabuhan besar, semakin menambah daya kondusivitas sehingga layak apabila di Kota Dumai akan dikembangkan ke arah kota industri, perdagangan dan jasa.

Hal ini sejalan dengan Visi Kota Dumai yaitu "Terwujudnya Kota Dumai Sebagai Pusat Pelayanan di Kawasan Pantai Timur Sumatera Merupakan Penggerak kemajuan Ekonomi dan Budaya Melayu pada Tahun 2020".

Daya dukung dari pemerintah dalam mendukung Kota Dumai sebagai pusat perdagangan 'elite' antara lain adalah adanya kebijakan seperti deregulasi dan globalisasi ekonomi serta pembangunan segitiga pertumbuhan negara Singapura, Johor-Malaysia dan Riau- Indonesia (SIJORI), disisi lain adanya rencana pembangunan jembatan Malaysia-Pulau Rupat-Kota Dumai.

Dukungan lain sehingga menjadikan Kota Dumai sebagai kota jasa pelabuhan juga terlihat dari kebijakan Pemerintah Propinsi Riau yang menempatkan beberapa proyek strategis yang berkaitan langsung dengan Kota Dumai. Proyek pembangunan strategis adalah pembangunan jaringan jalan Kereta Api Dumai-Rantau Prapat (Sumatera Utara), jalan Tol Dumai-Pekanbaru dan pengembangan pelabuhan serta kawasan industri terpadu Dumai.

Salah satunya , pembangunan Terminal Agribisnis. Terminal Agribisnis (TA) adalah suatu lembaga pemasaran hasil pertanian yg berada pada sentra konsumen dan dilengkapi dg fasilitas utk penerimaan, penyimpanan, penjualan sistem informasi dan sarana distribusi komoditas pertanian baik utk pasar domestik maupun ekspor. Terminal Agrobisnis (TA) Dumai dibangun dengan tujuan : Meningkatkan Efisiensi Pemasaran, Memperkuat Posisi Rebut Tawar Petani, Sumber Informasi Harga, Meningkatkan Nilai Tambah Produk, Menambah Segmentasi Pasar, Meningkatkan Mutu dan Sanitasi Pasar, Pembinaan Pelaku Pasar, Pengendali Pasokan.

SARANA DAN PRASARANA YANG MENDUKUNG PEMBANGUNAN TERMINAL AGRIBISNIS KOTA DUMAI

Lahan Terminal Agribisnis Kota Dumai Dibagun pada lahan seluas 4 Ha di Kawasan Industri Dock Yard. Jaringan Jalan, Terminal agribisnis Kota Dumai dibangun berdekatan dengan Jalan Lingkar Kota Dumai

Tenaga Listrik, sudah tersedia yang dikelola oleh PLTD Kota Dumai. Ketersediaan Air Bersih juga sudah ada dilayani oleh PDAM.

AKSESIBILITAS TRANSPORTASI DAN PENDUKUNG PEMBANGUNAN TERMINAL AGRIBISNIS KOTA DUMAI


Tranportasi darat, Kota Dumai telah dihubungkan oleh jalan-jalan darat yang menghubungkan antara kota di Propinsi Riau dan Sumatera pada umumnya.

Transportasi Laut, Kota Dumai memiliki Pelabuhan yang memungkinkan akses transportasi antara wilayah dan antar negara.

Pembangunan Terminal Ro-ro

Transportasi Udara. Kota Dumai memiliki pelabuhan udara Pinang Kampai.

Potensi Pengembangan Terminal Agribisnis Kota Dumai

A. Potensi Suplai

Kota Dumai berbatasan dengan Sumatera Utara yang di kenal sebagai Sentra Produksi Pertanian Nasional

B. Potensi Demand

Kota Dumai berhadapan dengan Malaysia yang memiliki akses ke jalur pasar internasional

C. Potensi Support

Adanya kesepakatan antar PEMDA se Sumatra & Forkabs khususnya PEMDA Propinsi (Sumut, Sumbar dan Riau) mengenai sistem distribusi pangan regional. Berkembangnya aksebilitas transportasi terutama jalan-jalan darat

FASILITAS TERMINAL AGRIBISNIS DUMAI


Terminal Agribisnis Dumai dibangun di Kelurahan Pangkalan Sesai Kec.Dumai Barat Kota Dumai Propinsi Riau diatas lahan seluas lebih kurang 4,0 Ha. Adapun Fasilitas yg disediakan pada Terminal Agribisnis Dumai

Potensi Pasar / Distribusi TA Kota Dumai

Yakni Pasar Lokal, Pasar Regional, Pasar Internasional (adv)
Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER