Kanal

Bupati Rohil Sebut Pemkab Akan Bantu Ritual Bakar Tongkang

RADARPEKANBARU.COM - Perayaan Festival Lampion Cap Go Meh 2574/2023, Minggu (5/2/2023) di Kota Bagansiapiapi, Rokan Hilir (Rohil) berlangsung meriah. Puluhan ribu masyarakat Tionghoa, dan masyarakat tempatan membaur menyaksikan festival lampion yang dilepas Bupati Rohil Afrizal Sintong, bersama Ketua TP PKK Rohil Sanimar Afrizal, Minggu (5/2/2023).

Turut hadir Sekda Rohil H Fauzi Efrizal, Anggota Komisi.B DPRD Rohil Muzardin (Partai Perindo Rohil), Dandim 0321 Rohil Letkol Inf M Erfani, Kapolres Rohil AKBP Andrian Pramudianto, Kadis Kominfotiks Pemkab Rohil Indra Gunawan, Sekwan DPRD Rohil Sarman Syahroni, Ketua YMMTI Bagansiapiapi Rendy Gunawan, tokoh masyarakat Tionghoa, dan lain-lain.

Bupati Rohil Afrizal Sintong dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada seluruh panitia dan masyarakat Tionghoa yang melaksanakan festival lampion setiap tahun dalam perayaan malam Cap Go Meh.

"Di Rohil begitu banyak potensi kesenian maupun tradisi yang telah terkenal bahkan ke manca negara seperti Bakar Tongkang, Sembahyang Kubur, mupun festival lampion," kata Bupati Afrizal.

Festival dan ritual yang telah terkenal hingga manca negara tersebut lanjut Bupati menjadikan Kabupaten Rohil dikenali dunia luar. Bahkan sangat memberikan dampak ekonomi yang besar baik bagi pemerintah daerah maupun bagi masyarakat.

Dalam kesempatan itu, Bupati juga memberikan apresiasi kepada masyarakat Tionghoa, yang sukses melaksanakan perayaan malam Cap Go Meh. Dimana sebut Bupati, dalam setiap pelaksanaan acara apapun, masyarakat Tionghoa tidak pernah meminta bantuan kepada Pemda Rohil.

"Kita Pemda tidak pernah membedakan suku dan agama apapun, kita akan memberikan bantuan jika ada pengajuan, kedepan akan ada lagi event bakar tongkang dan kita akan siapkan anggaran untuk mensukseskan acara tersebut, " katanya.

Perayaan malam Cap Go Meh dengan festival lampion ini, terang Bupati, merupakan tradisi yang rutin dilaksanakan masyarakat Tionghoa Bagansiapiapi setiap tahun, dan diikuti berbagai suku yang ada di Bagansiapiapi.

"Kita berharap dengan perayaan seperti ini persatuan dan kesatuan antar suku maupun agama akan semakin terjaga dan terjalin erat. Kami Pemda tidak akan pernah membedakan dan menganak tirikan," paparnya.

Selain itu, Bupati juga mengajak seluruh masyarakat Tionghoa baik yang ada di Rohil maupun yang telah sukses di luar daerah agar bersama-sama membangun Kabupaten Rohil yang berjuluk Negeri Seribu Kubah.

"Selamat merayakan malam Cap Go Meh. Semoga semakin tercipta kesatuan dan persatuan, dan kita jalin silaturahmi dengan duduk bersama. Berikan kami masukan dalam membangun dan memajukan daerah yang kita cintai ini," pungkas Bupati.

Sekretaris Panitia Subeno menyebutkan Yayasan Multi Marga Indonesia Bagansiapiapi setiap tahunnya mengadakan festival lampion Cap Go Meh, sebagai puncak perayaan Tahun Baru Imlek.

"Hal ini bertujuan untuk mengangkat kesenian yang ada di Rohil, dan selama ini sangat dibanggakan," katanya.

Terlaksananya festival lampion lanjutnya, tidak terlepas dari dukungan masyarakat Tionghoa, baik yang ada di Rohil maupun yang ada di berbagai daerah, atau diperantauan.

"Kami juga menyampaiakan ucapan terimakasih kepada pemerintah daerah serta masyarakat yang telah memberikan dukungan sehingga acara ini dapat terlaksana," tuturnya.

Perayaan Festival Lampion dan Cap Go Meh, dilaksanakan Yayasan Multi Marga Indonesia (YMMI) Bagansiapiapi. Cap Go Meh merupakan puncak dari Perayaan Tahun Baru Imlek. Sesuai shio tahun ini, berbagai lampion berbentuk kelinci, dari kelenteng di sekitar Bagansiapiapi, turut serta meramaikan festival.

Perayaan Cap Go Meh dilangsungkan Sabtu-Minggu (4/2/2023), diisi dengan hiburan menghadirkan artis lokal, festival lampion, dan tarian persembahan yang dibawakan pelajar Tionghoa dari berbagai sekolah. (rtc)
Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER