Kanal

Peserta UKW SPS Riau Jalani Kegiatan PraUKW di Gedung PWI

PEKANBARU - Kegiatan Pra Uji Kompetensi Wartawan (UKW) berjalan sesuai jadwal di Gedung PWI Riau jalan Arifin Ahmad Pekanbaru. Senin (19/9/2022). 

UKW yang diinisiasi Serikat Perusahaan Pers (SPS) Riau dengan lembaga uji PWI itu dihadiri oleh seluruh peserta UKW dari berbagai daerah yang ada di Provinsi Riau.

Kegiatan Pra UKW diisi langsung oleh Ketua PWI Riau H Zulmansyah Sekedang dan dihadiri oleh Ketua SPS Riau Khairul Amri, Sekretaris SPS Riau M Hasbi, dan Ketua Pelaksana UKW SPS Riau Asmawi Ibrahim.

Dalam kegiatan PraUKW, Ketua SPS Riau Khairul Amri menyampaikan kepada peserta, bahwa kompetensi wartawan merupakan hal yang sangat penting dalam sebuah perusahaan pers.

"UKW merupakan salah satu komponen penting dalam perusahaan pers, sebab dalam perusahaan pers salah satu unsur utamanya adalah wartawan yang berkompeten", kata Khairul.

Di samping itu, Ketua PWI Riau Zulmansyah menyampaikan, para peserta diharapkan dapat memahami materi uji yang akan dilalui saat ujian berlangsung.

"Untuk UKW kelas Muda nantinya akan ada sekitar 10 materi uji, sedangkan UKW kelas Madya akan ada 9 materi uji", jelas Zulmansyah di hadapan peserta UKW.

Beberapa materi uji yang akan dilewati nantinya, sebut Zulmansyah, diantaranya yaitu pengetahuan wartawan tentang UU Pers, Kode Etik Jurnalistik, dan peraturan-peraturan Dewan Pers. 

Lebih lanjut, peserta nantinya akan diuji seputar 'jejaring', dimana peserta akan diuji mewawancarai narasumber yang disediakan oleh peserta sendiri, serta menulis dan menyunting berita.

UKW yang diselenggarakan SPS Riau dengan lembaga uji PWI ini merupakan angkatan ke-XVIII. Dengan jumlah 30 orang peserta, yang dibagi menjadi 4 kelas Muda dan 1 kelas Madya.

Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER