Kanal

Korban Kades Sungai Agung, Dana Desa Sungai Agung Rp. 292 Juta Lesap

BANGKINANG KOTA, RADARPEKANBARU.COM - Aksi pencurian bermotif memecahkan kaca mobil terjadi di Bangkinang, Selasa (28/10/2014) siang. Dengan  mobil diparkir tepat di depan rumah makan Kurnia Baru dan sebuah toko. Uang tunai sebesar Rp. 292.800.000 lesap.

Korban yang  menimpa Kepala Desa Sungai Agung Kecamatan Tapung, Ahmadi. Saat pelaku beraksi, ia sedang makan di Rumah Makan Kurnia Baru depan Markas Komando Distrik Militer 0313/KPR, Jalan Sudirman, Bangkinang.

Saat itu, Ahmadi ditemani seorang pria bernama Johan Budiman. Mobil jenis Mitsubishi Pajero Sport warna putih bernomor polisi BM 74 IS diparkirkan di halaman antara rumah makan dengan sebuah toko gorden. 

Posisi mobil menghadap rumah makan atau membelakangi jalan. Bagian sebelah kiri mobil di halaman rumah makan, sedangkan sebelah kanan sudah masuk ke halaman toko gorden.

Ahmadi  saat akan meninggalkan rumah makan. Ia mendapati kaca tengah mobil sebelah kanan sudah pecah. "Dari dalam (rumah makan) nampak mobilnya. Tapi yang sebelah sana (kanan) tidak nampak," ujarnya

Sebelum makan di rumah makan Kurnia Baru,Ahmadi baru saja mengambil uang dari Bank Riau Kepri Cabang Bangkinang untuk . Ia tiba di Bank pukul 13.15 WIB. Ia berada di bank sekitar 15 menit. Lalu tiba di rumah makan sekira pukul 13.45 WIB.

Korban meletakkan uang yang dimasukkan ke dalam tas itu di bawah tempat duduk pengemudi. Ia pun meninggalkan uang dalam mobil yang sudah terkunci saat hendak makan. "Uang itu 115 juta ADD (Alokasi Dana Desa). Sisanya PPID (Percepatan Pembangunan Infrastruktur Pedesaan)," tuturnya dengan wajah tampak memerah dan mata berkaca-kaca.

Sementara itu, Zul, pemilik toko gorden, mengaku tidak sempat melihat pelaku. Saat itu, ia sedang keluar sebentar dengan mengendarai sepeda motor. "Tapi saya melihat waktu mobil itu (korban) datang," ujarnya.  

Pihak kepolisian mengindentifikasi sidik jari pada mobil tak berapa laama setelah pencurian itu. Identifikasi dipimpin langsung oleh Kepala Satuan Resor Kriminal Kepolisian Resor Kampar AKP. Herfio Zaki dan anggota unit Reskrim Kepolisian Sektor Bangkinang.

Mobil korban dan korban sendiri bersama temannya dibawa ke Mapolsek Bangkinang. AKP. Herfio Zaki mengatakan, pihaknya sedang melakukan penyelidikan. Berikut dengan ciri-ciri pelaku yang sedang diselidiki. 

"Saat ini masih kita selidiki. Informasi yang kita dapat di lapangan belum bisa kita sampaikan untuk kepentingan penyidikan," ujar Zaki. (Smi)
Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER