Kanal

Harga Karet Rp5 Ribu per Kg, Warga Terpekik

SUNGAI MANDAU, RADARPEKANBARU.COM - Warga Kecamatan Sungai Mandau yang berprofesi sebagai petani karet mengeluhkan rendahnya harga jual komoditas karet tersebut. Bahkan kini harga karet yang dibeli pedagang setempat hanya tinggal Rp5 ribu per kilogramnya.

"Dengan harga karet sekarang ini, kami hidup pas-pasan. Belum lagi untuk keperluan anak sekolah dan kebutuhan rumah tangga. Itu pun harus rutin setiap hari menyadap karet, kalau tidak tentu tidak dapat penghasilan," ungkap Eri (44), salah seorang petani karet. 

Eri mengaku untuk tetap bisa membiayai tiga anaknya yang sedang menempuh pendidikan hingga jenjang perguruan tinggi, keluarga mereka terpaksa berhemat. "Kami hanya memasak sayur-sayuran dan tidak membeli ikan atau ayam. Sebenarnya tidak cukup, tapi terpaksa dicukup-cukupkan," keluhnya.  

Hampir 70 persen warga di Kecamatan Sungai Mandau berprofesi sebagai petani dan penyadap karet di kebun karet masyarakat setempat. Turunnya harga karet juga berdampak terhadap menurunnya pendapatan masyarakat.

"Rendahnya harga jual karet tidak lagi bisa memenuhi keperluan hidup. Dalam sehari kami dari menyadap karet bisa menghasilkan enam kilogram karet. Kami terpaksa mencari bekerja sampingan dengan membersihkan di kebun milik orang lain. Kalau sempat harga karet dibawah Rp5 ribu, mungkin kami tak makan lagi," ucap Ujang (32), petani karet lainnya.(rp)     
Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER