Kanal

Alamak, Lebih 50 Persen UMKM Riau Belum Tersentuh Perbankan

RADARPEKANBARU.COM - Kadiskop dan UKM Riau R Indra Bangsawan, Senin (20/10/14) mengatakan bahwa hingga saat ini, jumlah UMKM di Riau mencapai angka 525.176 UMKM. Dari jumlah itu, lebih dari 50 persennya masih belum tersentuh perbankan. Terutama dalam pemberian kredit modal usaha.

Menurutnya, dari jumlah tersebut, UMKM binaan Bank Riau Kepri yang sudah mendapatkan bantuan modal usaha dan pembinaan lainnya sebanyak 26.970 UMKM. Sementara, dari catatan perbankan, baru 170 UMKM di Riau yang sudah menerima kucuran Kredit Usaha Rakyat (KUR).

"Jika diakumulasikan, UMKM yang sudah menerima bantuan perbankan di Riau, baik itu dari KUR maupun dari Bank Riau kepri hanya sebanyak 196.970 UMKM. Sisanya sebanyak 328.206 UMKM hingga kini belum tersentuh perbankan," terang Indra Bangsawan.

Untuk itu, sebagai komitment dalam pengembangan UMKM di Riau, Dinas Koperasi dan UKM Riau kini sudah membangun klinik bisnis di beberapa kabupaten/kota di Riau. Seperti di Pekanbaru dan kampar. Tahun depan akan kembali di bangun klinik bisnis di Pelalawan, Rohil dan Meranti. Tahun berikutnya akan dibangun klinik bisnis seluruh kabupaten/kota di Riau.

Selain itu, untuk pembunaan UMKM di Riau, Diskop dan UKM sudah menerjunkan 163.000 pendamping di desa-desa dan 163 koordinator pendaping di seluruh kabupaten di Riau.

"Para pendamping itu diupayakan untuk membantu usaha kecil-usaha kecil di pedesaan di seluruh Riau. Terutama untuk agar tersentuh perbankan. Tujuannya adalah agar UMKM kecil dapat menerima kredit modal kerja," terang Indra.

Untuk itu, tambahnya, Dinas Koperasi dan UKM Riau juga melaksanakan upaya pengembangan usaha dengan mempertemukan pelaku UMKM dengan pihak perbankan. Diharapkan kegiatan tersebut akan dapat menyambungkan antara UMKM dengan perbankan.(adr/rt)
Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER