Kanal

Waspada!, DBD Ancam Pekanbaru

Pekanbaru, (radarpekanbaru.com)-Kepala Dinas Kesehatan Pekanbaru mengatakan Rini Hermiyati mengatakan, Kota Pekanbaru rawan demam berdarah dengue (DBD).

Ia merujuk pada kasus DBD sepanjang tahun 2013 hingga minggu ke empat November yang mencapai 86 kasus.

Meskipun jumlah ini jika dibandingkan tahun lalu berkurang Diskes tetap mengngingatkan masyarakat bahwa seluruh wilayah di Pekanbaru endemik DBD atau rawan DBD.

"Tahun ini kasus DBD dibilang sedikit hanya 100 kasus. Dibanding tahun lalu lebih dari 200 kasus. Namun kita  mengngingatkan masyarakat bahwa seluruh wilayah di Pekanbaru endemik DBD atau rawan DBD," katanya.

Dikatakan, wilayah yang paling banyak terjadinya kasus DBD berada di Kecamatan Tampan, karena wilayah ini mempunyai penduduk yang padat dan rentan terjadinya air tergenang akbat hujan.

Cuaca yang berubah-ubah juga merupakan salah satu faktor rawan DBD disampig air tergenang membuatnya nyamukcepat bekembang.

Untuk mengantisipasinya, diimbau seluruh warga untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan, jangan biarkan nyabuk DBD berkembang biak.

Dengan melaksanakan prilaku hidup bersih salah satu faktor besar membantasi DBD. Diskes juga mengantisipasi mengintruksikan seluruh puskesmas untuk menyebar jumatik (juru pemantau jentik) kerumah-rumah. (rzz/slh)

Editor : Ramli

Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER