Kanal

BNPB Jamin Perbaikan Rumah Rusak Korban Gempa Malang

 

RADARPEKANBARU.COM -- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menegaskan akan memperbaiki rumah warga yang rusak akibat gempa di Malang Jawa Timur pada Sabtu (10/4).Kepala BNPB Doni Monardo mengatakan, rumah warga dengan kondisi rusak ringan hingga sedang bisa dilakukan perbaikan. Sementara, perbaikan untuk rumah warga dengan kondisi rusak berat akan ia koordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

 

"Rumah warga yang Rusak Ringan dan Rusak Sedang bisa dilakukan perbaikan dengan cara pemerintah daerah memberikan usulan kepada BNPB dengan nama dan alamat yang akurat," kata dia dalam keterangan tertulis, Minggu (11/4). Pernyataan itu disampaikan Doni usai meninjau lokasi gempa di Desa Wirotaman, Kecamatan Ampel Gading, Malang, Jawa Timur, pada Minggu (11/4).

 

BNPB, kata Doni akan memberikan dana stimulan bagi warga yang menjadi korban gempa. Warga dengan kondisi rumah rusak ringan akan menerima Rp10 juta, rusak sedang Rp25 juta, dan rusak berat sebesar Rp50 juta. "Untuk mempercepat proses perbaikan BNPB meminta kepada perangkat daerah setempat untuk melakukan pendataan dan melaporkan sesuai dengan data yang benar," katanya.

 

Doni berpesan agar warga tetap tenang dan tak panik. Menurutnya, pemerintah daerah dan aparat gabungan harusnya terus melakukan program edukasi kepada warga terkait Kebencanaan. Ia meminta agar warga mesti dilatih dan diberikan edukasi terkait literasi kebencanaan, manfaatkan kearifan lokal untuk mencari ide dan inisiatif. Sebagai contoh, katanya, warga bisa menyiapkan sejumlah kaleng sebagai alarm gempa.

 

"Letakkan kaleng di dalam ruangan, ketika keleng jatuh saat gempa bisa berfungsi sebagai alarm awal," kata Doni. Selain itu, menurutnya, kegiatan siskamling juga bisa dilaksanakan setiap malam. Warga berjaga untuk mengantisipasi risiko yang muncul seperti gelombang tinggi atau gempa. Menurut dia, kewaspadaan dan kesiapsiagaan dibangun oleh warga sendiri.

 

"Kepemimpinan Perangkat daerah harus bisa mengajak warga untuk lebih siap menghadapi risiko yang akan terjadi," kata dia. readyviewed Gempa berkekuatan magnitudo 6,1 mengguncang wilayah selatan kabupaten Malang pada Sabtu (10/4). Selain sejumlah rumah warga yang rusak, sebanyak tiga orang dilaporkan meninggal dunia akibat gempa tersebut.(cnn)

Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER