Kanal

Ahmad Yani : 600 Undangan Akan Hadir Pelantikan DPRD Pekanbaru

RADARPEKANBARU.COM - Pelantikan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Pekanbaru segera dijelang yakni 6 September 2014. Persiapan jelang pelantikan anggota DPRD Pekanbaru telah mencapai 80 persen.

"Untuk undangan sudah kita sebarkan. Baik dari anggota DPRD yang duduk maupun yang tidak duduk. Begitu juga dengan yang baru. Dari 45 anggota dewan, 28 orang anggota DPRD yang baru, 17 orang yang Incumbent. Selain itu juga ada unsur muspida, tokoh masyarakat, tokoh agama, Kepala Badan, staf ahli, camat dan yang lainnya, kurang lebih berjumlah 600 undangan," Kata Ahmad Yani, kepada radarpekanbaru.com, Senin (1/9) diruang kerjanya Jalan Jendral Sudirman.

Ditambahkannya, untuk lokasi sendiri, Sekretariat sudah melakukan penataan yang mencapai kesempurnaan. Lokasi pelantikan, dipilih di ruang paripurna DPRD kota Pekanbaru.

"Untuk setting-an, bila dilihat dari pintu masuk, kursi anggota DPRD yang terpilih diletak di sebelah kanan dan yang lama di posisi tengah tempat biasa. Setelah pelantikan dan pengucapan janji, yang terpilih akan pindah ke tengah, yang lama di kursi sebelah kanan. Bertukar posisi jadinya," katanya.

Berbenturan dengan jadwal pelantikan DPRD Provinsi Riau di hari yang sama, maka pelantikan DPRD Kota Pekanbaru akan dijadwalkan pukul 13.00 WIB setelah pelantikan DPRD Provinsi Riau pukul 10.00 WIB.

"Kita berharap nanti pelantikan dihadiri oleh pak Gubernur Riau H Annas Maamun dan beberapa pejabat lainnya hadir," paparnya.

Dalam pelantikan nanti juga, jelas Sekwan, akan ada penyerahan palu dari pimpinan DPRD yang lama ke DPRD yang baru. Dalam hal ini yang menjadi ketua sementara akan dipimpin oleh Roni Amril dari partai golkar.

"Tugas pimpinan sementara nanti ada dua. Pertama, membentuk tata tertib dewan. Kedua, membentuk alat kelengkapan dewan, seperti komisi, BK, banleg dan banmus dan banggar. Itu sudah diatur undang-undang," ungkapnya.

Ditanya mengenai membludaknya tamu undangan yang hadir, Sekwan menyebutkan bahwa pihaknya telah melakukan koordinasi dengan beberapa pihak untuk menyiapkan lahan parkir.

"Untuk parkir tidak ada masalah. Kita sudah koordinasi. Kita gunakan lahan parkir Gedung Menara Bank Riau yang bersebelahan dengan Kantor DPRD, Dinas Sosial Provinsi dan Depag. Pengamanan kita juga sudah menyampaikan kepada Kapolres dan Satpol termasuk lalu lintas yang nantinya diatur Dishub,'urainya.

Dari data yang dihimpun, Di pileg kemarin ditetapkan bahwa kursi terbanyak diperoleh oleh Partai Golkar sebanyak 7 kursi, Demokrat 6 kursi, PDI-P, 5 kursi dan PAN 5 kursi.(ram)
Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER