Kanal

34 Bapaslon Jalani Tes Kesehatan di RSUD Arifien Achmad

RADARPEKANBARU.COM - Komisioner KPU Riau Divisi Teknis Penyelenggaran, Joni Suhaidi Selasa (8/9/20) mengatakan bahwa 34 Bapaslon yang lolos ke tahap selanjutnya di tahapan pilkada serentak Riau 2020 di 9 kabupaten/kota menjalani tes kesehatan di RSUD Arifin Achmad.

Menurutnya, tes kesehatan tersebut dilakukan bertahap. Tiap orang menjalani tes kesehatan selama dua hari dimulai pada tanggal 6 - 7, lalu tanggal 8 - 9 dan terakhir 10 - 11 September. Tes kesehatan dilakukan selama enam hari. Setiap hari ada 12 pasangan calon yang diperiksa kesehatan jasmani dan kejiwaan. 

Tes kesehatan pada Bapaslon meliputi berbagai komponen. Seperti biaya pemeriksaan dari unsur Ikatan Dokter Indonesia (IDI), biaya bebas narkoba (BNN), biaya pemeriksaan kesehatan jiwa, dan biaya sewa rumah sakit. 

"Pada prinsipnya KPU hanya menerima hasil rekom dari RSUD. Rekom tersebut nanti menyatakan bahwa bakal calon A mampu atau tidak secara jasmani dan rohani. Kita hanya menerima laporan seperti itu," jelas Joni. 

Bapaslon yang menjalani pemeriksaan kesehatan jasmani di RSUD Arifin Achmad pada hari ini, Selasa (8/9/2020) diantaranya adalah pasangan calon di Pilkada Dumai, yakni Edi Sepen - Zainal Abidin. Kemudian pasangan Paisal - Amris yang juga maju pada Pilkada Dumai.

Kemudian ada dua pasangan calon yang maju di Pilkada Meranti, Mahmuzin Taher-Nuriman, dan pasangan Muhammad Adil - Asmar. Pasangan Hafith Syukri-Erizal yang maju di Pilkada Rokan Hulu. Kemudian pasangan Sayed Abubakar Asegaf- Reni Nurita yang maju di Pilkada Siak. 

Kemudian di hari yang sama, juga dilakukan tes kesehatan ke empat Paslon yang maju di Pilkada Inhu, yakni pasangan Siti Aisyah - Agusrianto. Kemudian, Nurhadi - Toni Sutianto, Rezita Meylani - Junaidi Rachmat, dan pasangan Rizal Zamzami - Yoghi Susilo. 

Selanjutnya, pasangan Kaderismanto - Iyeth Bustami yang maju di Pilkada Bengkalis, dan pasangan Adi Sukemi - M Rais yang maju di Pilkada Pelalawan.*(rtc)

Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER