Kanal

AS Tarik Rudal Patriot dan Tentara dari Arab Saudi

WASHINGTON -- Amerika Serikat memindahkan empat baterai rudal Patriot dan puluhan tentaranya yang dikerahkan ke Arab Saudi di tengah meningkatnya ketegangan dengan Iran. Aset militer AS dikirim ke negara itu pasca-serangan terhadap fasilitas minyak yang melumpuhkan output Kerajaan Saudi.

 

Riyadh dan Washington sama-sama menyalahkan Iran atas serangan-serangan itu, sementara Iran membantah terlibat. Menurut Wall Street Journal, AS juga telah merelokasi dua skuadron jet tempur dan sedang mempertimbangkan untuk mengurangi kehadiran angkatan lautnya di Teluk Persia.

 

"Penarikan Patriot saat ini sedang berlangsung dengan didasarkan pada kepercayaan di antara beberapa pejabat bahwa Iran tak lagi menjadi ancaman langsung bagi kepentingan strategis Amerika," papar surat kabar itu. Para pejabat juga mengatakan aset itu harus dipindahtugaskan untuk menghadapi tantangan lain, termasuk peran China yang semakin meluas di Asia.

 

"Selama kampanye tekanan maksimum dari AS ke Iran berlanjut, kita bisa mencegah Iran bertindak di wilayah tersebut," ujar pejabat itu. (rep)

 

Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER