Kanal

Gubri Syamsuar Imbau Masyarakat tak Takut Donor Darah di Tengah Pandemi Covid-19

RADARPEKANBARU.COM - Gubernur Riau H Syamsuar imbau masyarakat tak takut melakukan donor darah, ditengah pandemi virus corona (covid-19). 

Menurut Gubri, hingga saat ini tidak ada bukti penyebaran virus yang telah membunuh ribuan orang di berbagai negara termasuk Indonesia melalui darah. 

"Saya mengimbau, jangan takut donor darah. Sampai hari ini, tidak ada bukti penyebaran melalui darah," kata Gubri, Jumat (10/4/20).

Saat ini papar orang nomor satu di Riau tersebut, kebutuhan kantong darah terus dibutuhkan. Meski tanpa pandeki covid-19 sekali pun.

"Karena itu, kami mengajak kepada masyarakat Riau mari berdonor darah. Karena kebutuhan kantong darah, terus dibutuhkan, walau pun tanpa pandemi ini," ungkap mantan Bupati Siak tersebut.

Lebih lanjut, Syamsuar juga meminta masyarakat tidak panik, meski kasus pasien positip covid-19 kembali bertambah menjadi 13 orang, terhirung hari ini. 

Ada pun salah satu langkah yang harus dilakukan masyarakat, yakni dengan melakukan pembatasan fisik, antara satu sama lainnya. Karena walau pun orang yang kita temui tidak sakit, belum tentu tidak terinveksi. 

"Mengimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang, dan jangan panik. Mari bersatu melawan virus corona. Karena itu, pilihan terbaik adalah tetap di rumah dan hindari keramaian. Kalau pun harus ke luar rumah, gunakan masker. Sering mecuci tangan, menjaga pola hidup sehat, makan buah dan sayuran. Beroalah raga secara rutin dan tidak menyebarkan informasi detil terhadap pasien dan keluarga covid-19," papar Gubri.(rtc)

Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER