Kanal

Berbagai Manfaat Sedekah, Salah Satunya Menunda Kematian

RADARPEKANBARU.COM - Ustadz Yusuf Mansur mengatakan, pengalaman dimudahkan karena sedekah bisa terjadi pada siapa saja. Ia menyebut sedikitnya ada empat keutamaan bersedekah. Pertama, mengundang datangnya rezeki. 

Allah berfirman dalam salah satu ayat Alquran bahwa Dia akan membalas setiap kebaikan hamba-hamba-Nya dengan 10 kebaikan. Bahkan di ayat yang lain dinyatakan 700 kebaikan. "Imam Ali pernah menyatakan, 'pancinglah rezeki dengan sedekah'," katanya. 

Kedua, sedekah dapat menolak bala. Rasulullah pernah bersabda, "Bersegeralah bersedekah, sebab yang namanya bala tidak pernah bisa mendahului sedekah.

Ketiga, sedekah dapat menyembuhkan penyakit. Rasulullah menganjurkan, "Obatilah penyakitmu dengan sedekah."

Keempat, menunda kematian dan memperpanjang umur. Rasulullah mengatakan, "Perbanyaklah sedekah. Sebab, sedekah bisa memanjangkan umur." 

Mengapa semua itu bisa terjadi? Menurut Yusuf Mansur, sebab Allah mencintai orang-orang yang bersedekah. Kalau Allah sudah mencintai seseorang, maka tidak ada masalah yang tidak bisa diselesaikan, tidak ada kebutuhannya yang Allah tidak kabulkan, tidak ada dosanya yang Allah tidak ampuni, dan dia akan meninggal dalam keadaan husnul khatimah (baik). 

"Kekuatan dan kekuasaan Allah jauh lebih besar dari persoalan yang dihadapi oleh manusia. Begitu dahsyatnya femonena sedekah, masihkah kita belum juga tergerak untuk mencintai sedekah?" ujarnya.(rep)

Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER