Kanal

68 ABK Diamond Diturunkan di Sebaru, Satu Tetap di Kapal.

RADARPEKANBARU.COM - Juru bicara pemerintah khusus penanganan virus corona (covid-19) Achmad Yurianto mengatakan pihaknya akan menurunkan ABK Diamond Princess dari KRI Soeharso ke Pulau Sebaru Kecil, Kepulauan Seribu, Jakarta, hari ini, Rabu (4/3).

Sebanyak 68 dari 69 ABK akan dipindahkan dari KRI untuk bergabung dengan 188 ABK kapal pesiar World Dream yang sudah lebih dulu menjalani observasi.

Sementara satu orang ABK ditahan sementara di atas kapal. "Hari ini secara bertahap nanti akan kita turunkan. mungkin masih ada satu yang kita tahan di kapal karena beberapa hari yang lalu dia mengeluh batuk," kata Achmad kepada wartawan di Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso, Jakarta.

Oleh karena itu, kata Achmad, pihaknya akan kembali mengambil spesimen dari satu ABK itu. Ia berharap hasil sudah keluar besok dan semua ABK itu bebas dari virus corona.

"Keseluruhan tidak ada keluhan yang terkait dengan ke arah corona virus," ujarnya. Terkait dengan 188 ABK World Dream, Achmad menyebut tak ada yang positif virus corona. Ia mengatakan kondisi ratusan ABK itu dalam keadaan baik.

Menurutnya, tim medis rutin melakukan pemeriksaan dua kali sehari. Mereka, lanjut Achmad juga tak mengeluhkan yang mengarah gajala influenza sedang atau berat.

"Mereka baik, rata-rata suhu paling tinggi 37,2 (celsius), tapi sudah turun lagi," tuturnya. Achmad mengatakan 188 ABK World Dream ini sudah menjalani observasi sekitar 7 hari. Setelah 14 hari dan dinyatakan negatif, ratusan ABK ini akan dikembalikan ke pihak keluarga. (CNN)

Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER