Kanal

AMPG Laporkan Syamsuar ke SC Penjaringan Calon Ketua Golkar Riau

RADARPEKANBARU.COM - Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG), salah satu organisasi sayap Partai Golkar, Jumat (28/2/2020) sore, melaporkan bakal calon ketua Partai Golkar Riau Syamsuar yang juga Gubernur Riau ke steering committee (SC) Musda, lantaran diduga mengantongi Kartu Tanda Anggota (KTA) Partai Amanat Nasional (PAN). Laporan tersebut dibuat, Jumat (28/2/2020) usai dua bakal calon ketua, Syamsuar dan Arsyadjuliandi Rachman mendaftar.

"Barusan mewakili AMPG Riau, saya melaporkan pak Syamsuar ke SC Penjaringan bakal calon Ketua DPD I Partai Golkar Riau, karena beliau kita nilai melanggar Juklak 02 Golkar Tahun 2020," ujar Dani Sahulika, yang juga Wakil Ketua AMPG Riau.

Menurutnya, Juklak 02 Golkar yang dijadikan salah satu syarat bakal calon Ketua Golkar Riau menyebutkan, mesti aktif lima tahun berturut-turut sebagai anggota Golkar dan tidak pernah menjadi anggota partai lain.

"Tapi pak Syamsuar, saat maju di Pilgub 2018, memperoleh KTA PAN. Otomatis, keanggotaan beliau di Golkar gugur," tegasnya. Ketika dikonfirmasi, Koordinator SC Penjaringan bakal calon ketua Golkar Riau, Aprizon, membenarkan bahwa AMPG Riau telah melaporkan salah satu balon Ketua Golkar Riau, Syamsuar.

"Berkas laporan beserta bukti-bukti telah kami terima. Ini semua akan kira klarifikasi pada saat verifikasi bakal calon ketua Golkar Riau nanti," sebutnya. Terkait KTA PAN tersebut, sebelumnya tim pemenangan Syamsuar telah memberikan penjelasan yakni telah menyerahkannya kepada PAN.

Tak hanya itu Zulfan mengatakan selama ini Syamsuar tidak pernah mundur dari Partai Golkar dan tidak pula ada surat pemberhentian dari Partai Golkar. Oleh sebab itu, Syamsuar memiliki hak dan memenuhi syarat untuk maju pada Musda DPD Partai Golkar Riau pada 1-2 Maret 2020 mendatang.

"Saya ingin menegaskan bahwa sampai hari ini tidak ada istilah dia (Syamsuar) dipecat dari Partai Golkar dan tidak pernah mengundurkan diri dari Partai Golkar. Oleh sebab itu Syamsuar berhak menjadi calon Ketua DPD I Partai Golkar Riau pada Musda mendatang," kata Zulfan Heri, Kamis (27/2/2020).

Selain itu, Zulfan juga menegaskan kalau Syamsuar juga sudah mengembalikan Kartu Tanda Anggota (KTA) di Partai Amanat Nasional (PAN). Pengembalian KTA tersebut dilakukan secara resmi kepada PAN sebagai pemilik KTA.(ckc)

Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER