Kanal

Pemprov Riau dan Pemko Pekanbaru Diminta Berkoordinasi Atasi Banjir

RADARPEKANBARU.COM - Wakil Ketua DPRD Riau Asri Auzar meminta agar Pemprov Riau dalam hal ini Dinas PUPR untuk berkoordinasi dengan Pemko Pekanbaru terkait persoalan banjir yang masih menjadi momok utama khusus Kota Pekanbaru.

Hal ini dikatakan Asri dikarenakan banjir yang terjadi di Kota Pekanbaru bukan disebabkan akibat alam, semisal Rohul yang dikarenakan meluapnya sungai Rokan akibat banjir.

Ia menyebut banjir di Pekanbaru terjadi karena buruknya sistem drainase. Asri mengatakan, drainase di Kota Pekanbaru sepotong-sepotong dan tidak jelas muaranya sehingga ketika terjadi hujan berpotensi menyebabkan genangan air di mana-mana.

Untuk itu dimana diketahui, berapa ruas jalan di Kota Pekanbaru merupakan kewenangan provinsi, untuk itu harus ada koordinasi antara Pemprov Riau dengan Pemko Pekanbaru untuk membenahi drainase secara keseluruhan.

"Pekanbaru ini sebagai ibu kota provinsi. Sudah seharusnya penataan drainase lebih baik. Wajah Riau terletak di Kota Pekanbaru, jadi harus nyaman bagi orang yang datang dan warganya. Harus dibuatkan master plan drainasenya, sehingga betul-betul muara aliran airnya jelas," pinta Asri.

Ketua Demokrat Riau ini menambahkan, membangun drainase membutuhkan dana yang cukup besar. Untuk itu, pihak Pemko Pekanbaru bisa berkoordinasi dengan Pemprov Riau. Dan DPRD Riau, kata Asri Auzar siap untuk mendukung langkah tersebut.(ckc)

Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER