Kanal

DPRD Riau: Harusnya Hari Kerja Ditambah Bukan Dikurangi

RADARPEKANBARU.COM - Ketua Komisi I DPRD Riau Ade Agus Hartanto angkat bicara terkait wacana pemerintah pusat yang akan meliburkan Aparatur Sipil Negara (ASN) lebih awal, yakni pada hari Jumat. Yang mana nantinya ASN dalam sepekan hanya bekerja 4 hari.

Menurut Ade Agus dengan jumlah 5 hari kerja sepekan saja sudah kurang, apalagi jika hanya 4 hari. Hal tersebut menurutnya bayak menyebabkan tidak maksimalnya pelayanan ke masyarakat.

"Kita ini sudah terlalu banyak libur, ditambah hari hari besar agama dan nasional. Jadi kalau nambah libur lagi pola kerjanya bagaimana," kata Ade Agus. Bahkan, Sekretaris DPW PKB Riau ini mengusulkan seharusnya ditambah menjadi 6 hari kerja, dimana hari Sabtu juga harus tetap masuk kerja.

"Sehingga pelayanan pada masyarakat terakomodir dengan baik. Karena kita terhukum dengan waktu. Jumlah kerja kita itu satu tahun hanya 320 hari kalau tidak salah.

Belum lagi masuk hari besar agama dan negara. Jadi kalau ditambah lagi saya rasa kan tidak baik itu. Yang sekaran saja 5 hari kerja sudah luar biasa. Luar biasa banyak liburnya," tukas Ade.

Untuk diketahui, Kementerian Pendayagunaan aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PAN-RB), sedang merancang sistem kerja baru bagi Aparatur Sipil Negara (ASN). Jika sudah diterapkan, abdi negara itu hanya bekerja empat hari saja dalam seminggu.

Artinya, akan ada penambahan libur bagi ASN. Biasanya libur hanya di hari Sabtu dan Minggu, ke depan akan mendapat tambahan libur di hari Jumat.(ckc)

Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER