Kanal

Pemko Pekanbaru Perbaiki Tugu Adipura

RADARPEKANBARU.COM.Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru kini sudah mulai memperbaiki Tugu Adipura Kota Pekanbaru yang sempat terbengkalai beberapa tahun belakangan.

Apa yang dilakukan oleh Pemko Pekanbaru ini langsung mendapat sorotan dari pihak legislatif Pekanbaru. Pihak dewan menyatakan agar tidak hanya tugunya saja yang diperbaiki, tapi lebih penting adalah bagaimana agar piala yang hilang bisa diraih kembali.

"Prinsipnya kita mendukung pembangunan ulang Monumen Piala Adipura. Tapi tidak hanya dalam bentuk monumen saja, perlu kita kembalikan piala yang hilang itu, apa yang salah? Apakah fasilitas kebersihan yang kurang, sallary, transportasi atau SDM Ini harus dievaluasi," ujar anggota DPRD Kota Pekanbaru, Heri Kawi Hutasoit, Kamis (3/10/2019)

Tak hanya itu, politisi Fraksi PDI Perjuangan ini mengimbau warga Pekanbaru juga bersama-sama menjaga lingkungan bersih di sekitar. Sehingga lingkungan bersih dan motivasi untuk merebut piala kebersihan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) bisa dikembalikan.

"Persoalan sampah ini masalah serius. Tidak hanya dikelola tapi bagaimana sampah tersebut menjadi sumber energi dan bernilai tinggi. Semua itu perlu SDM dan keseriusan dari Pemko Pekanbaru," pungkas Heri.

Diberitakan sebelumnya, Tugu Adipura Kota Pekanbaru mulai diperbaiki. Tugu yang berada di seberang Kantor Walikota Pekanbaru Jalan Jenderal Sudirman itu sempat terbengkalai beberapa tahun. Kuningan yang menempel di tugu itu diduga dicuri orang tak dikenal. Lama tugu peninggalan mantan Walikota Pekanbaru terdahulu itu terbengkalai.

"Sudah mulai kita perbaiki tugu Adipura," kata Kepala Bidang Pertamanan Dinas PUPR Kota Pekanbaru, Edwar Riansyah, Senin (30/9/2019). Pria yang akrab disapa Edu ini mengungkapkan, anggaran perbaikan itu sistem Penunjukan Langsung. Anggaran yang dihabiskan kurang dari Rp200 juta.

"Estimasi (selesai) 90 hari kerja. PL (Penunjukan langsung) di bawah Rp200 juta," jelasnya. Dinas PUPR akan berkoordinasi dengan Diskominfo untuk memasang CCTV di sekitar tugu. Sebab, jika tidak diawasi, dikhawatirkan akan dirusak dan dicuri lagi.

"Untuk faktor keamanan, di sekitar lokasi akan kita pasang CCTV, sudah kita koordinasikan dengan Dinas Kominfo," cakap Edu.(ckc)

Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER