Kanal

Nama-Nama Pimpinan DPRD Riau Periode 2019-2024 Mencuat

RADARPEKANBARU.COM.Jelang pelantikan, nama-nama pimpinan DPRD Riau periode 2019-2024 sudah mencuat. Salah satu partai pemenang di Riau, Demokrat juga telah menentukan nama pimpinan DPRD Riau dari fraksi Demokrat.

"Sudah kita kirim ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP) nama-namanya. DPP yang akan memutuskan, kita tunggu saja," kata Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Demokrat Riau, Asri Auzar , Senin 26 Agustus 2019.

Dari nama-nama yang dikirimkan, Asri menyebutkan namanya sebagai Ketua DPD Demokrat Riau juga termasuk didalamnya. Menurut dia, salah satu syarat untuk dijadikan pimpinan DPRD adalah pengurus DPD Demokrat.

"Tentu ada ketua DPD. Tak mungkin tak ada Ketua DPD, ada syarat-syaratnya, salah satunya pengurus DPD," tambah dia.

Sementara, partai pemenang lainnya juga sudah mulai ancang-ancang untuk menjadi pimpinan DPRD Riau. Seperti yang diungkapkan Wakil Ketua DPD Gerindra Riau, Husni Thamrin. Gerindra, kata Thamrin, sudah menyiapkan nama untuk menjadi pimpinan DPRD Riau periode 2019-2024.

"Karena Gerindra memperoleh delapan kursi, itu artinya Gerindra mendapatkan kursi pimpinan, yaitu wakil ketua. Secara aturan, kursi pimpinan itu akan dijabat oleh unsur pimpinan DPD Gerindra Riau, yaitu Hardianto, Sekretaris DPD Gerindra Riau," jelas Husni Thamrin.

Hal yang sama juga dikatakan Wakil Ketua DPD PDIP Riau, Syafarudin Poti. Dikatakan Poti, PDIP merupakan pemenang kedua di Riau dengan perolehan 10 kursi, dan berhak mendapatkan kursi Wakil Ketua DPRD Riau.

"Untuk Wakil Ketua DPRD Riau dari PDIP, iu adalah pimpinan DPD. Calonnya ada tiga, yaitu Ketua DPD Zukri Misran, saya Syafarudin Poti, dan Bendahara, Ma'mun Solikhin," ujar Poti.

Sementara itu, untuk posisi Ketua DPRD Riau sendiri akan dijabat oleh Golkar sebagai partai pemenang di Riau. Meski belum ada konfirmasi resmi, dua nama sudah mencuat untuk menjadi Ketua DPRD Riau, yakni Sukarmis dan ketua saat ini, Septina Primawati.

Sebagaimana diketahui, masa kerja anggota DPRD Riau periode 2014-2019 akan berakhir. Kemudian, akan dilanjutkan oleh DPRD Riau periode 2019-2024, yang akan dilantik pada 6 September 2019 nanti.

KPU Riau telah menetapkan 65 calon legislatif (caleg) terpilih DPRD Riau untuk periode 2019-2024, Sabtu 10 Agustus 2019 lalu. Total ada 65 anggota, dengan suara terbanyak diperoleh Partai Golkar dengan 11 kursi, disusul PDIP 10 kursi, Demokrat 9 kursi, Gerindra 8 kursi, PKS 7 kursi, PAN 7 kursi, PKB 6 kursi, PPP 4 kursi, Nasdem 2 kursi, dan Hanura 1 kursi. (bpc)

Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER