Kanal

Alfamart dan Yayasan Hemato Onkologi Anak Riau Taja Penyuluhan Kanker Pada Anak

RADARPEKANBARU.COM - PT Sumber Alfaris Trijaya Tbk (Alfamart) bekerjasama dengan Yayasan Hemato Onkologi Anak Riau memberikan penyuluhan kanker pada anak, Kamis (19/6/2014).

Dokter spesialis anak, dr Elmi Ridar Sp A mengatakan kanker pada anak berbeda dengan kanker yang dijumpai pada orang dewasa. Menurutnya, kanker pada anak tidak dapat dicegah, sementara kanker pada orang dewasa masih bisa dicegah.

"Sangat penting bagi orang tua untuk mengetahui dan mewaspadai gejala kanker pada anak. Karena dari sekian banyak kanker hingga saat ini baru satu jenis kanker anak yang dapat dideteksi, yaitu kanker bola mata atau retinoblastoma," jelasnya.

Dia menambahkan, penyebab banyaknya angka kejadian kanker pada anak karena kurangnya informasi dan kurangnya pengetahuan orang tua tentang jejala kanker pada anak dan pentingnya pengenalan dini yang menyebabkan kurangnya penanganan.

"Langkah deteksi dini sangat penting dilakukan karena dapat membantu menemukan kanker pada stadium awal agar orang tua dapat segera mengambil tindakan sehingga kemungkinan untuk sembuh lebih besar dibandingkan jika baru ditemukan pada stadium lanjut," terangnya.

Namun, lanjutnya, anak yang telah terkena kanker, selain pengobatan secara medis juga dibutuhkan bantuan pengobatan secara psikologi. "Jika anak dinyatakan menderika kanker, maka efeknya bukan hanya bagi pasien saja, namun juga pada keluarga. Untuk keluarga, ada kelompok pendukung yang membantu mengatasi dengan cara mendampingi dan memberikan konseling kepada orang tua yang anaknya pernah sakit," sebutnya.

Sementara itu, Branch Manager Alfamart, Sulardi mengatakan tujuan penyuluhan ini digelar adalah untuk meningkatkan pengetahuan tentang penyakit kanker pada anak. "Kegiatan ini merupakan pangabdian perusahaan bagi masyarakat sekitar. Kami berharap masyarakat memahami tentang bahaya kanker sehingga dapat menghindari kemungkinan terkena kanker serta tindakan apa yang harus dilakukan. Dengan ini kami ingin Alfamart memiliki banyak manfaat, khususnya bagi masyarakat," paparnya.(ram)
Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER