Kanal

IPMP Pangkalan Kuras dan Hipmi Kecam PT SSS Atas Kasus Kebakaran Lahan

RADARPEKANBARU.COM - Kebakaran lahan PT Sumber Sawit Sejahtera ( SSS ) yang terjadi beberapa waktu lalu di Kuala Panduk dan Pangkalan Panduk mendapat kecaman dari Ikatan Pemuda Milenial Pelalawan (IPMP) Kecamatan Pangkalan Kuras, Topik Hidayat.



Pihaknya menyampaikan kecaman melalui konferensi pers pada Jum'at ( 22/03 ).  Dalam keteranganya Topik yang juga kader Himpunan Mahasiswa Islam ( HMI) Fakultas Hukum Uir ini mengatakan dirinya menyesalkan persoalan tersebut  terjadi karena  kebakaran lahan merupakan masalah Riau yang belum mampu selesai.



" Kami menduga ini ada unsur kesengajaan dari perusahaan SSS yang seharusnya tidak membuka lahan dengan cara membakar seperti yang di anjurkan pemerintah, disini dari laporan masyarakat ada beberapa bibit sawit yang terletak tidak jauh dari tempat kebakaran sehingga timbul dugaan kebakaran ini sengaja dilakukan untuk membuka lahan tanpa memikirkan dampaknya kepada masyarakat" Kecam Taufik saat konfresi pers di Pangkalan Kuras.



Hal senada disampaikan wabendum Hipmi Riau Jaka Saputra, dirinya mengutuk perusahaan sebab tidak adanya pencegahan, dan juga menduga lahan tersebut sengaja dibakar oleh pihak yg berkepentingan dan tidak bertanggung jawab.



"Memang ini bencana, tetapi perusahaan kan sudah tau jauh - jauh hari lahan tersebut rawan terbakar kenapa tidak ada tindakan pencegahan ? Jika sudah terbakar baru ada sedikit tindakan dari perusahaan, atau apakah lahan tersebut sengaja dibakar pihak yg berkepentingan dan tidak bertanggung jawab ?" ujar Jaka saat di konfirmasi melalui pesan whatshap.



Jaka juga meminta kepada pihak berwajib untuk mengusut tuntas kasus kebakaran dikabupaten pelalawan ini. "Saya minta kepada pihak kepolisian, kehutanan atau dinas yg berwajib untuk mengusut tuntas kasus kebakaran lahan ini, tidak bisa dibiarkan begitu saja, harus diberikan efek jera" Tutup jaka. Humas PT SSS Dariman (akrab disapa Konyal) yang di konfirmasi sampai berita ini di terbitkan namum belum ada jawaban.(rap)

Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER