Kanal

Pekanbaru Kota Besar Terbersih di Indonesia

JAKARTA, RADARPEKANBARU.COM - Pemerintah Kota Pekanbaru beserta segenap lapisan masyarakat kembali mendapat perhatian Nasional, prediket Kota Besar terbersih Indonesia tahun 2014 ini kembali dianugrahkan Presiden kepada Kota Pekanbaru Ibukota Provinsi Riau ini. Tidak hanya Piala Adipura yang berhasil disabet juga dua penghargaan lain berupa Piagam penghargaan fasilitas terbaik juga diraih oleh Kota Pekanbaru.

Piala Adipura sebagai Anugrah Kota besar terbersih di Indonesia tersebut diserahkan oleh Wakil Presiden RI Boediono kepada Walikota Pekanbaru Firdaus ST MT dalam acara penyerahan anugrah Adipura 2013-2014 yang digelar Kamis (5/6) pagi di Istana Wakil Presiden Jalan Merdeka Selatan Jakarta.

Sedangkan dua penghargaan lainnya berupa piagam adipura  kategori pengelolaan fasilitas umum  diterima Walikota  Pekanbaru Firdaus ST MT dari Menteri Lingkungan Hidup  siangnya dalam acara anugrah Piagam Adipura yang digelar di Hotel Red Top Pacenongan Jakarta.

Wakil Presiden RI Budiono dalam pengarahannya menyampaikan bahwa prediket dan penghargaan yang diberikan merupakan reward atas keseriusan Pemerintah daerah dan masyarakat dalam memperhatikan kebersihan lingkungan Kota yang melingkupi pemukiman serta fasilitas pelayanan dan pasar yang tercatat sebagai kawasan terbaik dalam piagam tersebut dalah Terminal Payung Sekaki, dan Taman Kota Dharmawanita.

Sementara itu, Walikota Pekanbaru yang hadir bersama Kepala BLH, Kepala DKP, Kabag Humas dan Kabag Protokol tersebut seusai menerima piala adipura menjenlaskan kepada wartawan bahwa reward yang diraih saat ini adalah buah dari keseriusan dan kerja keras jajaran pemerintah serta mendapat dukungan dan respon yang sangat bagus dari seluruh lapisan masyarakat serta insan pers dan media massa yang komit ikut mensosialisasikan tentang program kebersihan lingkungan  di Kota pekanbaru khususnya.

"Maka kami sangat berterimakasih kepada seluruh  Satker yang berkaitan langsung dengan masalah kebersihan dan keindahan lingkungan serta fasilitas umum, dan terimakasih kepada seluruh lapisan masyarakat atas kerjasama dan kepedulian masyarakat menciptakan lingkungan yang bersih, nyaman, dan asri. Begitu pula dengan rekan-rekan  insan pers yang ikut berperan  aktif mensosialisasikan program kebersihan dan peduli lingkungan di Kota Pekanbaru," ujar Walikota.

Namun demikian Walikota kembali menegaskan bahwa Piala Adipura bukanlah tujuan dari Pemko Pekanbaru, karena yang menjadi tujuan Pemko adalah berusaha dan bekerjasam keras bersama masyarakat menciptakan lingkungan Kota yang bersih, indah, dan tertata rapi.

"Adipura ini adalah reward dari usaha dan kerja keraas kita bersama. Tapi ini bukanlah tujuan.  Kalau kota kita sudah bersih dan tertata rapi maka kita akan merasakan lingkungan yang sehat dan nyaman.  Dan kalau kita dinilai dan pantas mendapat penghargaan maka ini adalah reward dan Alhamdulillah, kalau tidak diberi penghargaan, kita sudah petik manfaatnya hidup dalam lingkungan bersih , dan sehat. Sekali lagi kami ucapkan terimkasih untuk kita semua," tutur Walikota.

Dijelaskan Walikota bahwa tahun 2013-2014 ini gread penilain adipura sangat tinggi, sehingga dari sekian banyak kota yang mendapat piala tahun lalu, tahun ini hanya mendapat sebagian kecil saja. Sedangkan Kota besar kategori Piala Adipura hanya Pekanbaru, Denpasar dan Manado yang berhasil meraihnya, dan sedangkan di Riau selain Pekanbaru, hanya ada Bengkalis yang mendapat piala adipura kategori Kota kecil terbersih.(ram)
Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER