Kanal

Pacu Jalur Sempat Dikabarkan Hilang dari Kalender Iven Nasional

RADARPEKANBARU.COM. Kepala Dinas Periwisata Provinsi Riau, Fahmizal Usman mengatakan bahwa iven budaya Pacu Jalur di Kuansing tetap masuk dalam kalender iven nasional.

 

Sebelumnya beredar kabar bahwa iven Pacu Jalur tidak masuk dalam kalender iven nasional. Fahmi meyakini kabar seperti itu tidak bisa serta merta langsung dipercaya masyarakat.

 

"Pacu Jalur ada kok dalam iven budaya untuk tahun 2019 karena Pacu Jalur di Kuansing itu pemenang even budaya tahun 2017 lalu," katanya saat dikonfirmasi bertuahpos.com, Jumat, 28 Desember 2018 di Pekanbaru.

 

Dia menjelaskan, secara nasional memang ada pengelompokkan iven-iven sesuai pada urgensitasnya. Misalnya saja untuk Pacu Jalur pada tahun sebelumnya diletakkan oleh pusat di calendar of event.

 

Tahun ini diletakkan pada posisi iven budaya. Ada juga kelompok iven lain seperti cross boarder, yang di dalamnya terdapat festival Cin Cui di Selat Panjang.

 

"Semua menjadi perioritas nasional dan didorong untuk kelasnya semakin bagus menuju kelas international," ungkap Fahmizal. Dia mengklaim sebagian besar wisata budaya di Riau cukup signifikan menarik kunjungan Wisatawan Mancanegara (Wisman). Apalagi Wisman dari Malaysia sebab pelancong dari negara itu mempunyai kedekatan secara budaya. (bpc)

Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER