Mantan Kades Ganting Diduga Gelapkan Dana Apdesi Kampar Puluhan Juta Rupiah

Dibaca: 2745 kali  Kamis,15 November 2018
Mantan Kades Ganting Diduga Gelapkan Dana Apdesi Kampar Puluhan Juta Rupiah
Ket Foto : Harmonis

RADARPEKANBARU.COM-Pengurus Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kampar berang, pasalnya mantan Kepala Desa Ganting, Salo, Harmonis yang pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Apdesi Kampar diduga menggelapkan dana Apdesi Kampar yang berjumlah lebih kurang 60 juta rupiah.

"Dana yang dia pegang itu adalah hasil iuran kades-kades sebagai pengurus Apdesi Kampar tahun 2013-2014 lalu. Totalnya sampai 60 juta, sekarang entah kemana perginya dana itu" ujar pengurus Apdesi Kampar yang enggan disebut namanya saat berbincang dengan wartawan Radar Pekanbaru, Senin pagi (12/11) di Pekanbaru.

Narasumber Radar Pekanbaru, Jajat (Nama Samaran) mengatakan dana yang terkumpul dimasa kepemimpinan Bupati Jefry Noer saat itu untuk uang kas Apdesi Kampar dan seharusnya dipegang oleh Bendahara Apdesi Kampar.
"Namun saat itu Harmonis bersikeras membawa dana tersebut dengan dalih perintah pak Bupati (Jefry Noer-red) waktu kami ngumpul di Stanum, Bangkinang bersama Ketua Apdesi dan beberapa saksi lainnya" terang Jajat.

Ketua Apdesi Kampar Herman Moyan, S.Ag membenarkan informasi tersebut. Ia mengaku turut menyaksikan ketika dana tersebut dibawa dari Stanum.
"Ya, waktu itu dia bilang disuruh Bupati. Saksinya bukan cuma saya, beberapa teman pengurus Apdesi juga turut mengetahui. Kami sudah berusaha minta baik-baik, tapi dia selalu menghindar dan tak mau tau. Gimana ceritanya, tak mungkin dana itu jalan sendiri dan kabur" kata Herman, selasa siang (13/11) saat ditemui di Kedai Kopi Hokky, Pekanbaru.

Ditambahkan Herman, dana hasil iuran Kades-kades itu harusnya digunakan untuk merealisasikan program-program kerja Apdesi Kampar. 
"Hal itu mempengaruhi kinerja organisasi, selama ini Apdesi Kampar vakum dan kawan-kawan jadi berfikir skeptis terhadap organisasi" tuturnya.

Sementara ditempat terpisah, Mantan Kepala Desa Ganting Harmonis membantah informasi tersebut. Ia mengaku tidak pernah tahu soal dana tersebut.
"Mohon maaf ya, setahu saya tidak pernah tahu tentang dana itu. Apalagi mengumpulkannya" ujar Harmonis membalas pesan singkat yang dilayangkan redaksi, Selasa sore (13/11).

Dirinya merasa tidak pernah mengumpulkan apalagi membawa dana pengurus Apdesi Kampar itu.

"Yang menyerahkan dengan saya siapa ? Tanyalah sama pak Jefry Noer tu" ucap Harmonis. (Erik)

Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »