Target Meleset,

Imunisasi Vaksin MR di Riau Diperpanjang Sampai Desember

Dibaca: 5742 kali  Sabtu,03 November 2018
Imunisasi Vaksin MR di Riau Diperpanjang Sampai Desember
Ket Foto : ilustrasi internet

RADARPEKANBARU.COM  - Provinsi Riau memperpanjang pelaksanaan imunisasi menggunakan vaksin Measles Rubella (MR) sampai 31 Desember. Perpanjang ini dilakukan karena capaian target program Kementerian Kesehatan (Kemenkes) itu belum mencapai target di provinsi Riau.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Riau, Mimi Yuliani Nazir, Sabtu (3/11/2018). Dia mengatakan untuk imunisasi tahap fase II provinsi Riau baru mencapai progres diangka 40,6 persen dari target 95 persen.

Mimi menyampaikan, perpanjangan imunisasi ini menindaklanjuti surat Menteri Kesehatan nomor SR.02.06/Menkes/573/2018 tanggal 20 September 2018, perihal waktu pelaksanaan kampanye imunisasi MR fase II dan berdasarkan evaluasi terhadap capaian yang diperoleh sejak perpanjangan waktu pelaksanaan kampanye di 28 provinsi diberlakukan.

"Jadi selama kampanye ini dilaksanakan dan perpanjangan waktu dilakukan sampai akhir Oktober, progres yang dicapai belum cukup untuk melindungi seluruh masyarakat dari bahaya penyakit campak, rubella dan cacat bawaan akibat rubella atau sindroma rubella kongenital (CRS).

Karena itu, sebut Mimi, maka diperlukan strategi tindak lanjut yang efektif untuk meraih anak-anak yang belum diimunisasi agar kekebalan masyarakat yang tinggi terbentuk, sehingga kasus campak, rubella dan cacat bawaan akibat rubella itu dapat diturunkan dengan signifikan, serta kejadian luar biasa dapat dicegah.

"Makanya sesuai instruksi Menkes bagi kabupaten/kota dengan cakupan kampanye imunisasi MR 95 persen per tanggal 31 Oktober 2018, maka pastikan seluruh desa/kelurahan telah mencapai cakupan 95 persen," paparnya.

Sedangkan, lanjut Mimi, bagi kabupaten/kota dengan cakupan kampanye imunisasi MR dibawah 95 persen, untuk melaksanakan imunisasi sesuai strategi dan ketentuan yang berlaku.

"Kita harap dengan perpanjangan waktu sampai 31 Desember, target 95 persen dapat kita capai. Karena itu kita harapkan dukungan dan dorongan semua pihak untuk mensukseskan program ini," cakapnya.(ckp)

 
Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »