BKKBN Siap Bantu Tingkatkan Ekonomi Masyarakat Peserta KB

Dibaca: 6463 kali  Rabu,24 Oktober 2018
BKKBN  Siap Bantu Tingkatkan Ekonomi Masyarakat Peserta KB
Ket Foto :

RADARPEKANBARU.COM.Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Riau siap membantu meningkatkan ekonomi masyarakat peserta KB melalui kegiatan-kegiatan kreatif.

 

Hal ini dikatakan Kepala BKKBN Provinsi Riau Agus Putro Proklamasi saat sosialisasi dan promosi program pemberdayaan ekonomi keluarga terhadap pengelola Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) dan PKS.

 

Ia mengatakan, Peserta KB itu ada yang namanya Peserta Aktif (PA). Inilah yang harus dipelihara kesertaan berKBnya. "Peserta KB aktif itu adalah orang-orang yang mempunyai keinginan untuk terus mempertahankan agar dirinya mengikuti KB.

 

Untuk itu kita bantu dengan kegiatan-kegiatan," ujarnya. Dikatakan Agus, hal ini tentunya dapat menambah pendapatan keluarga mereka.

 

"Itu adalah bagaimana kelompok-kelompok memberdayakan dirinya. Inilah tujuan utama dari UPPKS," kata Agus. Ia mengatakan, ada beberapa daerah yang mempunyai bahan atau limbah yang bisa dimanfaatkan.

 

Contohnya adalah pembuatan kancing baju. Di daerah seperti Indragiri hilir yang komoditas utamanya kepala, bisa memanfaatkan tempurung kepala menjadi kancing baju.

 

"Saya sudah sampaikan ke beberapa kelompok disana bagaimana memberdayakan limbah tersebut. Kami akan bantu sarana dan prasarananya," cakapnya.

 

Namun, dengan syarat kelompok tersebut harus serius mengolah limbah tersebut. "Kalau sekejap saja saya tidak berani bantu. Tapi kalau sudah serius, ajukan. Kami akan bantu," pungkasnya. Pada kesempatan tersebut, BKKBN Riau menyerahkan bantuan mesin jahit kepada pengelola UPPKS.(ckc)

Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »