Erdogan Tolak Anggap Oposisi Moderat Suriah Bagian Teroris

Dibaca: 4423 kali  Senin,24 September 2018
Erdogan Tolak Anggap Oposisi Moderat Suriah Bagian Teroris
Ket Foto :

RADARPEKANBARU.COM.Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyarankan, oposisi Suriah moderat menjadi bagian dari solusi politik di Idlib. Turki memprioritaskan warga sipil dan mendukung zona deskalasi guna melindungi oposisi moderat sejak awal masalah Idlib.

 

"Mungkin ada pendekatan yang berbeda dari berbagai negara soal oposisi moderat, tapi kami berpikir bahwa oposisi moderat harus tetap dalam proses politik," ujar Presiden Erdogan seperti dikutip laman Anadolu Agency, Senin (25/9). 

 

Menurutnya keterlibatan oposisi diperlukan guna melaksanakan agenda dalam pembicaraan PBB dan Astana dengan jalan yang sehat. Erdogan menegaskan, Turki menentang setiap upaya melemahkan oposisi moderat, termasuk upaya menganggap mereka bagian dari teroris.

 

"Kami telah berkerja selama bertahun-tahun menjaga perdamian di Suriah dan membantu jutaan warga sipil kembali ke rumah mereka meski ada taktik kotor dari rezim Bashar al-Assad," ujarnya.

 

Erdogan memuji kesepakatan Ankara dan Moskow di Sochi beberapa hari lalu guna menciptakan zona demiliterisasi di Idlib. Dia mengatakan, pasukan oposisi akan tinggal di daerah mereka serta bagi kelompok radikal tidak diizinkan beroperasi di wilayah tersebut.(rep)

Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »