Mengenal 5 Penghalang Jadi Orang Baik

Dibaca: 3515 kali  Jumat,21 September 2018
Mengenal 5 Penghalang Jadi Orang Baik
Ket Foto :

RADARBISNIS.CO.ID.Pada dasarnya setiap manusia mempunyai naluri untuk menjadi baik. Namun, ada hal-hal tertentu yang menjadi penghalangnya.

 

“Menurut Imam Ali Abi Thalib, ada lima penghalang seseorang menjadi baik,” kata Ustadz Muhajir Affandi saat mengupas kitab Nashoihul ‘Ibad karya Syekh Imam Nawai Al-Bantani di Masjid Al Ikhlas Bosowa Bina Insani, Bogor, Jawa Barat, Jumat (21/9).

 

Ia mengutip ucapan menantu Rasulullah SAW tersebut, “Kalaulah bukan karena lima sifat buruk, niscaya semua manusia menjadi baik dan terhindar dari keburukan.

 

” Penghalang pertama, kata Muhajir, puas dengan kebodohan. Yakni, tidak mau belajar agama maupun hakikat kehidupan, dan tidak mau membuka hati untuk menerima kebenaran dari Allah.

 

Contoh paling jelas adalah dua sahabat Nabi, yang selalu menentang dakwah Nabi Muhammad SAW, yakni Abu Jahal dan Abu Lahab. Keduanya adalah orang-orang pintar, serta ahli ekonomi dan politik.

 

“Namun, keduanya puas dengan kebodohannya, yakni tidak mau menerima kebenaran dari Allah, kebenaran dakwah yang disampaikan oleh Rasulullah. Akhirnya keduanya mati dalam keadaan kafir,” tuturnya. Penghalang kedua, Muhajir menambahkan, tamak akan dunia.

 

“Orang yang tamak akan dunia, tidak pernah merasa puas atas apa yang mereka miliki,” ujar dosen Universitas Ibnu Khaldun (UIKA) Bogor. Penghalang ketiga adalah sifat bakhil (pelit).

 

“Sifat bakhil menjadi penghalang seseorang untuk menjadi baik. Karena itu, Nabi sering mengajarkan dan menyuruh umatnya, agar gemar member.

 

Kata Nabi, ‘Saling berbagi-lah. Sesungguhnya berbagi akan menumbuhkan perasaan kasih saya’,” paparnya. Penghalang keempat adalah riya, yakni sifat ingin dipuji setiap kali melakukan amal.

 

“Riya itu sangat berbahaya. Riya adalah syirik kecil,” tegasnya. Adapun penghalang kelima, kata Muhajir, sifat suka membangga-banggakan diri di hadapan orang lain.

 

“Kalau kelima sifat buruk atau penghalang ini kita hindari dan buang sejauh-jauhnya, insya Allah kita akan menjadi orang yang baik, menjadi Muslim yang saleh dan taat kepada Allah,” ujar Muhajir.(rep)

Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »