BPDP-KS Siapkan Rp13 Triliun untuk Replanting Kebun Sawit Rakyat

Dibaca: 3581 kali  Rabu,19 September 2018
BPDP-KS Siapkan Rp13 Triliun untuk Replanting Kebun Sawit Rakyat
Ket Foto :

RADARPEKANBARU.COM.Dinas Pertanian Kabupaten Bengkalis bersama Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDP-KS) melakukan sosialisasi peremajaan atau raplanting kebun kelapa sawit rakyat/pekebun di Kabupaten Bengkalis, Selasa (18/9/2019).

 

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pertanian Bengkalis, Sapon dalam pengarahannya mengatakan, kegiatan ini merupakan program nasional yang sudah dilaunching Presiden Joko Widodo di Rokan Hilir pada 19 Mei 2018. Tujuannya untuk pemerajaan kelapa sawit secara nasional.

 

''Diawali dengan penandatangan masing-masing kabupaten kota dan disepakati usulan dari masing-masing kabupaten kota atas kesangupan untuk melakukan peremajaan kebub kelapa sawit rakyat,'' kata Sapon Ia menambahkan, saat ini sudah ada sekitar 1.232 hektar kebun sawit rakyat usulan dari masing-masing desa dan kecamatan yang ada di Kabupaten Bengkalis untuk diremajakan. Diharapkan jumlah ini akan bertambah seiring dengan dilakukan sosialasasi ini. 

 

''Ikuti kegiatan ini dengan baik, karena kegiatan ini sangat penting dan mempunyai dampak yang positif bagi perekonomian petani kelapa sawit,'' harap Sapon. Sesuai Undang-undang Nomor 39 Tahun 2014, masyarakat petani sawit bisa dibantu dari segi pendanaan dan bimbingan.

 

Informasi terakhir dari Kementerian Keuangan ada dana Rp13 triliun yang bisa dimanfaatkan untuk pengembangan peremajaan sawit, pengembangan sumberdaya petani dan bantuan sarana dan prasarana. Dana yang sudah ada di BPDP-KS sebesar Rp13 triliun itu bisa dimanfaatkan petani sawit untuk peremajaan kebun. Syarat untuk mendapatkannya petani dan lahan yang diusulkan harus lulus verifikasi dari tim teknis.

 

''Satu KK maksimal 4 hektar bisa dibantu melalui program BPDP-KS, dimana per hektar dibantu Rp50 juta dan untuk pengembangannya dibantu Rp25 juta,'' ujar Sapon. Ia berharap program ini dapat berjalan dengan lancar di Kabupaten Bengkalis. Semua usulan akan diverikasi tim, ketika sudah memenuhi syarat akan direkomendasikan untuk mendapat bantuan. (grc)

Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »