Pemko Rencanakan Launching 25 BusTMP di Halaman Kantor Walikota

Dibaca: 18370 kali  Kamis,24 April 2014
Pemko Rencanakan Launching 25 BusTMP di Halaman Kantor Walikota
Ket Foto :
RADARPEKANBARU.COM - Walikota Pekanbaru rencananya akan melaunching 25 bus Trans Metro Pekanbaru (TMP) penyewaan baru di depan Kantor Walikota. Demikian dikatakan Direktur Perusahaan Daerah (PD) Pembangunan Heri Susanto, Kamis (24/04/2014).

Sebelum dilaunching, pihaknya terlebih dahulu akan menggelar uji coba ke 25 bus TMP baru tersebut. Waktu pengujian sudah ditetapkan Sabtu dan Minggu besok. Selama uji coba tersebut, PD Pembangunan akan mengratiskan tiket.

"Nanti 28 April Wako akan launching penggunaan bus TMP di depan Kantor Walikota Pekanbaru," ujar Heri.

Menurutnya tiket gratis yang akan diberlakukan selama dua hari ini dikhususkan bagi dua rute yakni koridor 8a, dan koridor 8b. Koridor 8a meliputi jurusan kantor Walikota ke Lancang Kuning, sementara Koridor 8b meliputi jalur sekeliling Lancang Kuning arah ke kantor Camat Rumbai.

Dipilihnya lokasi ini agar tidak bersinggungan dengan jalur angkutan oplet yang sudah ada.

"Di sana belum ada transportasi oplet jadi uji coba TMP akan d gelar ke arah Rumbai. Ini gratis selama dua hari," tandasnya.

Untuk uji coba ini tambahnya, hanya beberapa unit saja yang akan operasikan, itupun tidak sampai sore. 25 unit bus yang baru itu, akan disebar di beberapa koridor baik koridor baru maupun koridor lama untuk menyisip.

"8 unit bus TMP akan ditempatkan di koridor Rumbai, 3 unit akan di Pasir Putih ke Desa Baru, Kantor Camat Siak Hulu. Sisanya akan di koridor Kulim-BPRS, koridor UIN-Sudirman, koridor BPRS-Sukaramai, Kartama-Tuanku Tambusai," terangnya.

Menurut Heri, dibukanya jalur baru dan penyisipan bagi koridor lama ini tujuannya untuk mempersingkat jarak tempuh atau headway. Kalau sebelumnya mencapai 60 menit maka bisa ditekan menjadi 30 menit.

"Mereka di wilayah penyisipan bus TMP headwaynya terlalu lama, bisa 60 menit. Dengan disisip ini maksimal hanya 30 menit," jamin Heri.(ram)
Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »